androidvodic.com

Kenali Ragam Gangguan Tidur dan Penanganannya: Atur Suhu Kamar, Makan Tidak Terlalu Kenyang - News

News, JAKARTA - Saat ini semakin banyak orang mengalami gangguan tidur.Dokter Ruth Katrin Goldina dari Siloam Hospitals Jantung Diagram mengutip The Institute for Functional Medicine mengemukakan, mengacu pada faktor non medis, gangguan tidur dapat diatasi dengan beberapa cara.

Yakni dengan mengatur temperatur suhu kamar tidur di kisaran 24-26 derajat Celcius. Kemudian, atur pencahayan ruangan lebih redup atau kurang cahaya, bahkan gelap untuk membuat suasana tidur lebih nyaman.

Upayakan tidur di lingkungan yang tenang dan tidak bising.

Warna interior ruangan bernuansa lembut bisa menunjang tidur lelap. Begitu juga kualitas bed atau kasur yang digunakan. Ruangan tidur juga harus dipastikan bersih dan sehat.

Dokter Ruth menjelaskan, gangguan tidur atau somnipati digolongkan dalam beberapa jenis, yaitu:

1. Parasomnia, ini adalah pengalaman atau perilaku aneh selama tidur (sleep walking, nightmare).

2. Dysomnia, ini adalah gangguan terkait durasi, kualitas dan waktu saat tertidur seperti insomnia, hypersomnia, narkolepsi.

Baca juga: Waktu Terbaik untuk Tidur, Berikut Dampak Buruk bagi Tubuh Jika Kurang atau Terlalu Banyak Tidur

3. Apnea obstruktif, ini dikarenakan lemahnya otot faring yang menyebabkan kolapsnya saluran napas atas selama tidur berlangsung.

Baca juga: Tidak Susah, Begini Cara Menghangatkan Kamar Tidur saat Musim Hujan

"Umumnya ditandai dengan mendengkur hebat, terengah engah, tersedak dan lainnya," ujarnya saat menjadi pembicara bincang sehat bertajuk Gangguan Tidur yang diselenggarakan Siloam Hospitals Jantung Diagram via virtual, Selasa (21/09/2021).

Konsultasikan ke Dokter

Dokter Ruth Katrin Goldina juga menekankan, gangguan tidur dapat diatasi dan disembuhkan atau diatasi melalui dua hal.

Yaitu dengan berkonsultasi kepada dokter atau mengubah pola/kebiasaan beraktivitas dengan dukungan sejumlah faktor yang membuat aktifitas tidur menjadi nyaman.

Baca juga: 7 Manfaat Berenang bagi Tubuh: Meningkatkan Mood hingga Tingkatkan Kualitas Tidur

"Langkah pertama jika sulit tidur telah mengganggu kenyamanan beraktivitas, maka lakukan konsultasi pada dokter, psikolog atau psikiater. Dan konsultasi ini pun dilihat dari kasus dan keluhan pasien," tutur dokter etap di Siloam Hospitals Jantung Diagram ini.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Insomnia, Simak Tips dan Langkah-langkah Berikut Ini

Untuk persiapan konsultasi, dokter Ruth menyarankan agar pasien pengidap somnipati menyiapkan catatan guna mendeskripsikan penyebab gangguan itu terjadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat