androidvodic.com

17 Manfaat Durian bagi Kesehatan: Mengontrol Diet hingga Bantu Berhenti Merokok - News

News - Berikut ini berbagai manfaat mengonsumsi durian bagi kesehatan, mulai dari membantu mengontrol diet hingga berhenti merokok.

Dikutip dari Balitbu Tropika Kementerian Pertanian, kandungan nutrisi durian antara lain yakni vit B, vit C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6.

Selain itu, durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, tryptophan, karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein.

Baca juga: 8 Manfaat Durian untuk Kesehatan: Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Menstabilkan Gula Darah

Umumnya kandungan vitamin C pada durian berkisar dari 22.9-107, bahkan dari analisa yang dilakukan Balitbu Tropika dijumpai adanya durian yang mengandung sampai 200 mg/100 gram daging buah, angka ini merupakan tertinggi untuk kandungan vitamin pada buah.

Masih dari Balitbu Tropika Kementerian Pertanian, fakta-fakta manfaat durian bagi kesehatan manusia juga telah dirangkum oleh Profesor. Dr. Aminuddin AHK dari Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Kebangsaan Malaysia, antara lain sebagai berikut.

- Durian mengandung tiga jenis gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa, kandungan tersebut berkombinasi dengan serat durian secara instan, berkelanjutan dan nyata memberikan tambahan energi bagi yang mengonsumsinya.

- Penelitian membuktikan bahwa hanya dengan mengonsumsi dua pongge durian dapat menghasilkan energi untuk bekerja selama 90 menit.

- Jika dibandingkan dengan Apel, durian mengandung 4 kali protein, 2 kali karbohidrat, 3 kali fosfor, 5 kali vitamin A dan zat besi, serta 2 kali untuk vitamin dan mineral yang lain.

Lantas apa sajakah manfaat durian bagi kesehatan?

Mengutip dari Balitbu Tropika (Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, berikut beberapa manfaat durian bagi kesehatan:

1. Mencegah depresi:

Menurut salah satu survey yang dilakukan oleh MIND, beberapa masyarakat yang mengalami depresi memperoleh kondisi yang lebih baik setelah mengonsumsi durian.

Hal ini disebabkan durian mengandung tryptophan.

Tryptophan merupakan salah satu jenis asam amino yang dapat diubah dalam tubuh menjadi serotonin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat