androidvodic.com

Diare? Ketahui 5 Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan - News

News - Bolak balik kamar mandi buang air besar alias diare sangat mengganggu aktivitas.

Kondisi itu merupakan salah satu masalah pencernaan yang paling sering terjadi.

Tak menutup kemungkinan, diare bisa terjadi diserta gejala lain, yakni mual dan muntah, sakit perut, hingga penurunan berat badan.

Yang jadi pertanyaan, apa penyebabnya? Sangat beragam.

Misalnya, infeksi virus, bakteri seperti E.coli, konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi parasit, efek obat, dan intoleransi laktosa, dikutip dari Mayo Clinic, Minggu (28/11/2021).

Kondisi ini biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Namun jika diare terjadi terlalu lama, maka bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.

Baca juga: Tidak Hanya Makanan Pedas, Berikut Makanan yang Pantang Dikonsumsi Saat Diare

Dehidrasi terjadi karena cairan yang ada di dalam tubuh terlalu banyak keluar saat BAB. Jika dibiarkan, dehidrasi bisa mengancam nyawa.

Oleh karena itu, orang sedang diare disarankan untuk banyak minum air putih. Selain itu, konsumi beberapa makanan di bawah ini juga bisa membantu mempercepat penyembuhan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat diare:

1. Probiotik

Dilansir dari Cleveland Clinic, Minggu (28/11/2021), cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan diare adalah dengan mengonsumsi dengan probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang menyehatkan sistem pencernaan.

Makanan dengan probiotik yang bisa dikonsumsi, seperti yogurt atau kefir. Namun bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa, makanan ini tidak disarankan.

2. Kentang rebus

Sayuran mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun jika dikonsumsi mentah, ini akan sulit dicerna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat