androidvodic.com

Vitamin dan Suplemen Imun Tubuh Sebaiknya Dikomsumsi Sebelum Sakit - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA --Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Alergi Imunologi RSCM Prof Iris Rengganis mengatakan, vitamin maupun suplemen penguat imun tubuh sebaiknya dikomsumsi sebagai pencegahan.

Artinya, sangat dianjurkan diminum sebelum sakit.

"Vitamin ini pencegahaan, sebaiknya sebelum sakit lebih baik daripada kita ngeboost dosis saat sakit, karena sistem imun nggak bisa dipaksa, harus pelan-pelan diberikan sebelum sakit," kata dia dalam webinar Jangan Lengah, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Mencegah Penularan Covid-19, pada Kamis, (3/2/2022).

Baca juga: Apa Saja Sumber Vitamin D? Berikut 5 Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D

Baca juga: Campuran Lemon, Jahe dan Kayu Manis Disebut Efektif Naikkan Imunitas dan Turunkan Berat Badan

Ia mengatakan, pemberian vitamin atau suplemen dapat membantu merangsang sistem imun dalam tubuh agar mampu melawan virus.

Karena itulah, sistem imun dibangun secara bertahap dan tidak bisa dalam waktu singkat.

Tidur yang cukup dan berkualitas bisa menjaga kestabilan emosi, fungsi imun tubuh, vitalitas, hingga menjaga berat badan.
Tidur yang cukup dan berkualitas bisa menjaga kestabilan emosi, fungsi imun tubuh, vitalitas, hingga menjaga berat badan. (Freepik)

"Harus pelan-pelan diberikan sebelum sakit. Kecuali antibiotik, kalau vitamin C tidak bisa langsung banyak, enggak bisa bekerja saat itu juga, butuh waktu," ujar Ketua Perhimpunan Alergi dan Imunologi Indonesia ini.

Perempuan berhijab ini pun mengingatkan, untuk menguatkan sistem imun juga bisa dapatkan dari sumber alami seperti mengkomsumsi sayur dan buah.

"Immunity booster itu yang meningkatkan sistem imunitas secara alamiah tentu kita makan sayur dan buah-buahan segar," terang Prof Iris.

Beberapa makanan berikut ini dapat menjadi sumber immunity booster :

Yogurht banyak mengandung prebiotik.

Sayuran segar seperti Brokoli banyak mengandung vitamin A,C, dan E.

Bayam, kunyit, serta bawang putih memiliki tingkat antioksidan tinggi kunyit.

Serta buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan makanan laut yang banyak mengandung omega 3.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat