androidvodic.com

Cegah Bau Mulut Tak Sedap, Ini Waktu yang Tepat untuk Menggosok Gigi saat Bulan Puasa - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -- Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Umat muslim akan menunaikan ibadah puasa.

Saat berpuasa, hal yang wajar ketika mulut mengeluarkan bau tak sedap.

Kondisi ini bisa dicegah dengan menggosok gigi.

Baca juga: Berkumur dan Menggosok Gigi Apakah Bisa Membatalkan Puasa?

Baca juga: Dokter Terawan Dipecat IDI, Politisi PDIP Bilang Terlalu Mengada-ngada dan Berbau Politis

Namun, menggosok gigi saat bulan puasa tidak bisa dilakukan sembarangan.

Berikut waktu yang tepat untuk menggosok gigi ketika sedang berpuasa.

Dokter gigi R. Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati mengatakan, pada prinsipnya pembersihan gigi menjadi hal yang wajib dilakukan setelah makan dan sebelum tidur.

Namun bulan puasa ini, terlalu sering menyikat gigi tidak dianjurkan, karena dikhawatirkan ada air yang tidak sengaja masuk ke tenggorokan.

Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang kerap kali terjadi pada anak- anak maupun orang dewasa. Masalah gigi berlubang tentu memberikan kondisi di dalam mulut tidak nyaman. Ada beragam cara untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, di antaranya dengan mengobati dan merawat gigi berlubang, serta menjaga kebersihan mulut. Pada beberapa orang, bau mulut juga dapat muncul akibat gigi berlubang. Berikut tips untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang seperti menggosok gigi secara rutin, minum air putih setiap bangun tidur, rutin membersihkan lidah dan jaga hidrasi tubuh. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang kerap kali terjadi pada anak- anak maupun orang dewasa. Masalah gigi berlubang tentu memberikan kondisi di dalam mulut tidak nyaman. Ada beragam cara untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, di antaranya dengan mengobati dan merawat gigi berlubang, serta menjaga kebersihan mulut. Pada beberapa orang, bau mulut juga dapat muncul akibat gigi berlubang. Berikut tips untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang seperti menggosok gigi secara rutin, minum air putih setiap bangun tidur, rutin membersihkan lidah dan jaga hidrasi tubuh. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Untuk itu, waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah setelah makan sahur dan sebelum tidur.

"Pada saat kita sedang berpuasa maupun dalam kondisi rutin lainnya kata wajib dilakukan prinsipnya sama ya setiap sehabis makan atau minum selain air putih dan sebelum tidur," kata dia dalam talkshow Tribun, Jumat malam (1/4/2022).

Dokter RS Pamulang ini menyebut, makanan yang beraroma kuat atau menyengat seperti bawang putih, bawang bombay, jengkol, maupun petai memicu bau tak sedap saat berpuasa.

"Hindari jenis-jenis makanan menyengat yang bisa memicu aroma yang mungkin tidak ideal atau tidak sehat," kata dia.

Ia pun menyarankan, sebelum memasuki bulan puasa ada baiknya untuk melakukan pembersihan karang gigi atau kontrol ke dokter gigi untuk memastikan kondisi mulut prima.

"Mengontrol kembali, siapa tahu masih ada kalkulus, karang yang tersisa. Kemudian terdapat lubang gigi sekecil apapun disarankan untuk sesegera mungkin dilakukan upaya penambalan," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat