androidvodic.com

Muncul Hepatitis Akut Saat Belajar Tatap Muka, IDAI Imbau Anak Tetap Terapkan Protokol Kesehatan   - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Munculnya wabah hepatitis akut yang menyerang kelompok anak tanpa diketahui penyebabnya, tentu menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun tengah memberikan perhatian terhadap kemunculan wabah ini karena kasusnya mengalami peningkatan secara global, termasuk di Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Di Indonesia, kini telah ada 15 kasus yang terdeteksi, angka ini mengalami peningkatan sejak laporan 3 kasus pada 27 April lalu.

Sementara itu, pemerintah akan kembali memulai proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pasca libur Lebaran, meskipun temuan kasus hepatitis akut justru terjadi pada anak-anak.

Lalu bagaimana tanggapan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait rencana PTM?

Ketua Umum PP IDAI, Dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K)., mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi untuk penundaan PTM.

Kendati demikian, IDAI terus melakukan kajian terkait perkembangan kasus penyakit yang belum diketahui penyebabnya itu.

"Untuk PTM ini kita akan terus melakukan kajian seperti apa intensitas dari kasusnya. Namun saat ini IDAI belum mengeluarkan regulasi untuk menunda PTM ya," kata Dr. Piprim, dalam virtual media briefing bertajuk 'Serba-serbi Penyakit Anak Pasca Lebaran', Selasa (10/5/2022).

Meskipun belum mengeluarkan rekomendasi, kata dia, IDAI mengimbau agar anak-anak yang akan melakukan PTM ini tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti sebelumnya.

Baca juga: Pemkot Bekasi Sebut Pasien Anak Diduga Hepatitis Akut Telah Dirujuk ke RSCM

Karena saat ini tidak hanya pandemi virus corona (Covid-19) saja yang menjadi ancaman, namun juga hepatitis akut.

"Hanya memang perlu waspada pada saat nanti anak-anak sudah melakukan PTM, protokol kesehatan tetap dilakukan oleh anak-anak kita," jelas Dr. Piprim.

Dr. Piprim pun kembali menekankan bahwa pihaknya akan terus melakukan kajian terkait wabah ini sesuai dengan perkembangannya.

"Nanti kita akan terus melakukan kajian, informasinya akan dinamis, tergantung dengan keadaan," papar Dr. Piprim.

Hal yang sama pun disampaikan Ketua UKK Gastro-Hepatologi IDAI, DR. Dr. Muzal Kadim, Sp.A(K).,yang mengatakan bahwa belum ada cukup bukti bagi IDAI untuk mengeluarkan rekomendasi penundaan PTM terkait wabah hepatitis akut ini.

"Sampai saat ini kan memang belum dikeluarkan rekomendasi untuk PTM ya, belum cukup untuk bukti-buktinya, karena buktinya sampai sekarang juga belum jelas," jelas Dr. Muzal.

Ia kemudian menjelaskan bahwa pemeriksaan untuk adenovirus sebagai salah satu faktor yang 'diduga' menjadi penyebab hepatitis akut ini pun juga tidak mudah.

Baca juga: Gejala dan Cara Mencegah Hepatitis Akut, Menkes: Jaga Kebersihan Diri dan Rajin Cuci Tangan

"Di lab-nya juga masih diperiksa, masih pending, karena tidak semua laboratorium itu bisa kita lakukan (pemeriksaan), termasuk adenovirus itu juga tidak mudah untuk memeriksanya ya. Dan untuk saat ini belum dikeluarkan rekomendasi resminya untuk PTM dari segi kasus ini ya," pungkas Dr. Muzal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat