androidvodic.com

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Rutin Berjalan Kaki 30 Menit Per Hari Tanpa Henti - News

News, JAKARTA -- Jalan kaki merupakan olahraga yang mudah dan murah. Namun sering kali dianggap sepele.

Padahal rutin berjalan kaki setiap hari selama 15-30 menit tanpa henti memberi manfaat fisik dan mental.

Sebelum memulai olahraga sederhana ini, perlu diketahui manfaat jalan kaki jika dilakukan rutin dikutip dari berbagai sumber:

Mencegah penyakit jantung

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, berjalan kaki sama efektifnya seperti berlari dalam hal pencegahan penyakit jantung dan stroke. Aktivitas ini membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah.

Menenangkan pikiran

Jika berjalan kaki bisa memperbaiki simtom depresi pada pasien yang menderita penyakit itu. Memberi dampak positif saat seseorang merasa suasana hatinya tidak senang atau lelah secara mental. 

Baca juga: 8 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan, Jalan Kaki hingga Pilates

Perubahan positif pada otak

Sebuah studi mengungkap, berjalan kaki membantu mencegah pikun, mengurangi risiko Alzheimer dan memperbaiki kesehatan mental. Ini juga mengurangi stres mental dan menjaga kadar endorfin tinggi dalam tubuh.

Memperbaiki penglihatan

Tampak tidak berhubungan dengan kaki. Namun berjalan juga memberi manfaat bagi mata. Karena bisa membantu memerangi glaukoma, penyakit yang disebabkan cairan terkumpul di bagian depan mata dan meningkatkan tekanan atas syaraf penglihatan.

Menambah volume paru-paru

Berjalan kaki adalah olahraga aerobik yang meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah dan membantu melatih paru-paru, selain menghilangkan racun hal lain yang harus dibuang. Karena orang bernafas lebih dalam dan lebih baik, penyakit paru-paru juga bisa diatasi.

Menambah kekuatan otot

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat