androidvodic.com

Kebiasaan Konsumsi Ayam Broiler Picu Kanker? Ini Tanggapan Ketua YKI - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Belum lama Prof. Zubairi Djoerban dalam postingan instagramnya, menyebut kebiasaan konsumsi ayam Broiler memicu terjadinya kanker payudara.

Zubairi beralasan, ayam broiler memiliki tingkat lemak yang tinggi, jika dibanding dengan ayam kampung.

Menurut dia, tingginya kandungan lemak pada ayam broiler bisa menjadi pemicu mutasi sel yang menyebabkan kanker di tubuh manusia.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP, memberikan tanggapan soal klaim Zubairi.

Baca juga: Peringatan Dokter: Ayam Broiler Picu Kanker Payudara

"Sejauh ini, belum ada bukti penelitian ilmiah yang secara meyakinkan membuat kesimpulan bahwa ayam broiler memicu kanker," ungkapnya pada Tribunnews, Rabu (6/7/2022).

Namun ada beberapa hal perlu diperhatikan cara mengolah makanan. Seperti makanan yang dimasak dengan temperatur tinggi, perlu diperhatikan agar tidak menjadi mutagen.

Adapun makanan yang telah terbukti dapat meningkatkan risiko kanker diantaranya daging merah yang dipanggang di atas api, daging olahan, alkohol, makanan olahan dan makanan dalam kemasan.  

Daging olahan disini adalah daging yang diawetkan atau diubah bentuknya. Bisa melalui pengasapan, pengawetan, pengasinan, pengalengan atau menambahkan pengawet. 

Daging olahan termasuk ham, bacon, salami, ikan asin, sosis, termasuk daging putih olahan seperti chicken nugget. Daging merah mencakup daging sapi, babi, domba dan kambing.

"Selain makanan, jangan lupa bahwa merokok adalah salah satu pemicu kanker yang dapat menghalangi tubuh manusia untuk melawannya," tegas Prof Aru.

Racun dalam asap rokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih sulit untuk membunuh sel kanker

Ketika ini terjadi, sel kanker terus tumbuh tanpa henti. Racun dalam asap tembakau dapat merusak atau mengubah DNA sel. 

DNA adalah "panduan instruksi" sel yang mengontrol pertumbuhan dan fungsi normal sel. Ketika DNA rusak, sel dapat mulai tumbuh di luar kendali dan menciptakan tumor kanker

Merokok maupun paparan asap rokok menyebabkan sebagian besar kanker paru-paru. Terdapat 16 jenis kanker yang dapat dipicu oleh rokok.

Di antaranya kanker paru, kanker mulut, tenggorokan, hidung dan sinus, kanker tenggorokan, kanker kandung kemih, ginjal dan ureter.

Selain itu juga bisa kanker pankreas, kanker perut, kanker hati, kanker serviks dan ovarium, kanker usus (kanker kolorektal), serta leukemia mieloid akut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat