androidvodic.com

ASI Eksklusif Bisa Cegah Stunting, Lancarkan Prosesnya dengan Obat Modern Asli Indonesia Ini - News

News, MEDAN - 'Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting' kembali diingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29.

Pencegahan stunting ditekankan berkali-kali oleh Presiden Jokowi, yakni salah satunya melalui lingkaran keluarga.

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif pada bayi hingga 2 tahun dinilai ampuh dalam upata pencegahan stunting.

Presdien Jokowi menegaskan bahwa penurunan prevalensi stunting hingga menjadi 14 persen di tahun 2024 menjadi target pemerintah yang dikoordinasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 ini saya mengajak seluruh kekuatan bangsa untuk bergerak dan bekerja bersama-sama, bersinergi menurunkan stunting dan seluruh akar masalahnya dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia generasi penerus kita yang berkualitas. Betul-betul harus kita siapkan," ujar Presiden Jokowi dalam acara Puncak Peringatan Harganas di Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/7/2022).

Presiden juga mengingatkan agar seluruh pihak berkolaborasi untuk mewujudkan target tersebut. Pencegahan stunting, kata Presiden, harus dilakukan dari tingkat keluarga.

Baca juga: Polusi Udara Jakarta Kronis, Rentan untuk Balita dan Ibu Hamil, Sebabkan Stunting dan Sakit Paru

Presiden mengatakan, keluarga merupakan ekosistem pertama dan utama dalam mengasuh, mendidik, dan membentuk manusia yang sehat, bergizi, dan berkualitas.

Senada dengan Presiden, Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo menyatakan pentingnya peran keluarga dalam mencegah stunting.

Menurut Hasto, Harganas merupakan momentum refleksi dan apresiasi negara terhadap peran penting keluarga dalam membangun SDM Indonesia yang berkualitas.

Baca juga: Persoalan Gizi Anak Tak Hanya Stunting, Tapi Juga Obesitas Akibat Konsumsi Makanan Tak Terkontrol

Beragam upaya pun dilakukan BKKBN agar target bebas stunting berhasil, diantaranya menggandeng berbagai mitra, salah satunya adalah Dexa Group.

"Terima kasih kepada segenap mitra yang luar biasa mendukung penurunan stunting," tutur dr. Hasto.

Berkaitan dengan pemberian ASI ekslusif untuk mencegah stunting, BKKBN menggandeng Dexa Group untuk melakukan edukasi bagi ibu hamil dan menyusui dengan melibatkan bidan.

Sebanyak 2.932 bidan telah terlibat dalam program 'Edukasi Bersama Bidan di 1.000 Hari Pertama Kehidupan'.

"Kami sangat berkomitmen untuk membantu program penurunan angka stunting, sesuai dengan salah satu core values Dexa Group yakni Deal with Care. Dalam program ini, bersama-sama dengan BKKBN, kami melakukan edukasi pada 251 kabupaten/kota di 32 provinsi.

Baca juga: Targetkan Angka Stunting 14 Persen, BKKBN Kerahkan 200 Ribu Tim Pendamping Keluarga

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat