androidvodic.com

Tidak Hanya Bikin Bahagia, Ini 9 Manfaat Lain dari Buah Pisang - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -- Selain sayur, buah merupakan sumber vitamin dan mineral terbaik yang diperlukan oleh tubuh. Pisang misalnya.

Buah tropis ini sangat mudah dijumpai di Indonesia.

Dan buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara: dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan lain.

Bukan hanya enak, buah pisang namun tentu memiliki manfaat banyak seperti dikutip dari laman kemenkes:

1. Membantu Atasi Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil.

Baca juga: Sederet Manfaat Pisang bagi Kesehatan: Dapat Tingkatkan Kadar Gula Darah

Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

2. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat, dan lima kali lipat vitamin A. Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar.

3. Pisang Membantu Memperlancar Metabolisme

Tidak perlu obat. Dengan makan pisang, kesulitan saat buang air besar, dapat terobati dengan memakan buah pisang. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat