androidvodic.com

Cegah Kasus Gagal Ginjal Anak Seperti di Gambia, BPOM Larang Obat Gunakan Dua Bahan Ini - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA- Dalam laporan WHO kini tercatat 70 anak di Gambia meninggal dunia karena gagal ginjal.

Kematian dikaitkan dengan konsumsi sirup obat batuk-flu dengan merek Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup.

Baca juga: Mengenal Gagal Ginjal Akut, Ini Penyebab hingga Pencegahannya

Keempatnya diproduksi oleh Maiden Pharmaceuticals Limited, India.

Merespons, hal ini BPOM RI ini telah melakukan pengawasan secara komprehensif pre- dan post-market terhadap produk obat yang beredar di Indonesia.

Berdasarkan penelusuran BPOM, keempat produk yang ditarik di Gambia tersebut tidak terdaftar di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

"Hingga saat ini produk dari produsen Maiden Pharmaceutical Ltd, India tidak ada yang terdaftar di BPOM," kata BPOM dalam keterangan resminya, Sabtu (15/10/2022).

Untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat, BPOM telah menetapkan persyaratan pada saat registrasi bahwa semua produk obat sirup untuk anak maupun dewasa, tidak diperbolehkan menggunakan dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG).

Namun demikian, sebagai langkah kehati-hatian, BPOM juga sedang menelusuri kemungkinan kandungan DEG dan EG sebagai cemaran pada bahan lain yang digunakan sebagai zat pelarut tambahan.

Baca juga: Jangan Mengonsumsi Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah Jika Tak Ingin Alami Diare & Gagal Ginjal

BPOM terus melakukan langkah langkah pengawasan intensif terhadap obat-obat terkait dan akan segera menyampaikan hasilnya kepada masyarakat.

BPOM mengimbau masyarakat agar lebih waspada, menggunakan produk obat yang terdaftar di BPOM yang diperoleh dari sumber resmi, dan selalu ingat Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat