androidvodic.com

Ketahui Tentang Penyakit Katarak Kongenital, Terjadi dari Kehamilan yang Bermasalah - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Salah satu jenis penyakit mata yang patut menjadi perhatian orangtua adalah katarak kongenital. Penyakit ini umumnya terjadi pada anak-anak

Anak-anak yang menderita katarak kongenital umumnya terjadi karenai kehamilan bermasalah yang sering kali tidak disadari orang tuanya.

Di Indonesia, data aktual anak-anak penderita katarak kongenital di Indonesia sangat terbatas.

Sebuah studi oleh Eriskan dari RS Mata Cicendo Bandung pada Januari 2017 - Desember 2019 melaporkan 224 kasus katarak, 94.64 persen adalah kongenital katarak dan 5.36 persen katarak yang memburuk (developmental cataracts).

RS Mata Cicendo adalah rumah sakit pusat rujukan tingkat tiga.

Saat lahir, bayi-bayi dengan katarak kongenital ini memiliki mata yang diselimuti lapisan putih yang membuatnya tidak bisa melihat dan merespon gerakan di sekitarnya.

Jika tidak ditangani dengan benar, masalah katarak kongenital pada anak ini akan memengaruhi tumbuh kembang anak yang berlangsung di 1000 hari pertamanya.

“Sebanyak 83 persen dari kemampuan manusia mengolah informasi berasal dari indra penglihatan," ungkap mantan Menteri Kesehatan RI 2014-2019 Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Sp.M (K) di acara Peluncuran CSR Optik Tunggal - Donasi 2025 Kacamata Katarak Kongenital, Kamis, 13 Oktober 2022.

Baca juga: Katarak dan Hernia Berdampak pada Produktivitas Mobilitas dan Mental Pasiennya

Prof. Dr. dr. Nila menjelaskan, siklus kehidupan manusia sejak lahir sampai lansia memerlukan penglihatan sebagai jendela dunia.

"Itu sebabnya kita harus menjaga dan memastikan kesehatan indra penglihatan dan mengambil langkah-langkah yang benar untuk mengatasi masalah penglihatan termasuk pada anak-anak,” ujarnya.

Dia mengingatkan, saat menemukan kondisi kelainan mata pada anak-anak yakni katarak kongenital, orang tua perlu melakukan langkah-langkah medis yang tepat agar indra penglihatan ini bisa diperbaiki.

Gejala Katarak Kongenital

Gejala awal katarak kongenital pada anak-anak biasanya terlihat pada pupil yang berwarna putih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat