androidvodic.com

Ekstrak Buah Zaitun: Sumber Nutrisi untuk Kesehatan Otot, Tulang, dan Jantung - News

News - Buah zaitun adalah buah asal mediterania yang dikenal akan manfaat kesehatannya sejak ribuan tahun lalu. Jenis buah ini memang jarang dimakan langsung layaknya jenis buah lain, tetapi sering dikonsumsi dalam bentuk acar, sebagai minyak untuk bahan masakan, atau dalam bentuk ekstrak.

Yang perlu Anda ketahui, ternyata ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah zaitun, terutama bagi orang dewasa dan lanjut usia.

Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit akibat penurunan fungsi tubuh pun meningkat. Proses penuaan ini terjadi saat kita memasuki usia 30 tahun. Namun risiko tersebut dapat dicegah salah satunya dengan mengonsumsi buah zaitun maupun ekstraknya.

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apa saja manfaat dari mengonsumsi ekstrak buah zaitun bagi orang dewasa dan lansia? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Sumber nutrisi dan antioksidan

Buah zaitun merupakan sumber nutrisi yang juga dapat berperan sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas.

Mengutip situs resmi Pelayanan Kesehatan Kemenkes, buah zaitun mengandung lemak baik seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3, dan omega 6 yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi tubuh.

Ekstrak buah zaitun mengandung zat aktif hydroxytyrosol yang berfungsi menangkal radikal bebas sehingga mencegah terjadinya penuaan dini serta mencegah peradangan 4 kali lebih kuat dari vitamin C!

Untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas, Anda dapat mengonsumsi ekstrak buah zaitun ataupun buahnya sebagai sumber antioksidan harian.

2. Menjaga massa otot di usia tua

Salah satu hal yang perlu diwaspadai oleh orang dewasa dan lansia adalah penurunan massa otot yang menyebabkan sarkopenia. Sarkopenia ditandai dengan berkurangnya massa dan kekuatan otot serta penurunan performa fisik.

Kabar baiknya, buah zaitun juga dapat membantu untuk menjaga massa otot di usia tua. Hasil penelitian yang dipublikasi di jurnal Nutrients mengungkapkan bahwa kandungan fenolik seperti Oleuropein, Hydroxytyrosol, dan Tyrosol dalam minyak buah zaitun turut memiliki manfaat untuk mencegah sarkopenia.

Lebih lanjut, penelitian tersebut menyebutkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun juga memberikan efek yang positif untuk menjaga massa otot seiring bertambahnya usia.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Seiring dengan bertambahnya usia, Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi untuk mencegah kadar kolesterol yang tinggi. Pasalnya, kadar kolesterol yang terlampau tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit hingga meningkatkan risiko kematian. Untuk menurunkan risiko tersebut direkomendasikan untuk mengonsumsi ekstrak buah zaitun.

Penyakit kolesterol tinggi ditandai dengan kadar LDL tinggi dan kadar HDL yang rendah dari nilai normal. Tingginya kadar LDL menandakan bahwa banyaknya jumlah kolesterol yang menempel di dinding arteri pembuluh darah. Hal ini menyebabkan pembuluh darahi menyempit sehingga memicu berbagai masalah kesehatan, terutama jantung koroner.

Salah satu manfaat ekstrak buah zaitun yaitu dapat mencegah terjadinya oksidasi LDL di pembuluh darah.

Sementara itu menurut publikasi di Harvard Health Publishing, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berjumlah cukup tinggi, yaitu sekitar 75 persen. Lemak tak jenuh tunggal ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Membantu mencegah osteoporosis

Manfaat lain dari buah zaitun adalah membantu mencegah osteoporosis atau kondisi penurunan densitas tulang, yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Environmental Research and Public Health menyebutkan bahwa kandungan polifenol dalam buah zaitun dapat melindungi tulang dari risiko osteoporosis.

Selain itu, mengonsumsi minyak zaitun setiap hari dapat mencegah penurunan kepadatan mineral tulang dan membantu remodeling atau proses pergantian tulang di usia tua.

Yang menarik, data yang ada menunjukkan bahwa penduduk negara-negara mediterania yang rajin mengonsumsi buah zaitun memiliki jumlah penderita osteoporosis yang lebih rendah dibandingkan negara-negara Eropa lainnya.

5. Menjaga kesehatan jantung

Yang terakhir namun tak kalah penting, buah zaitun juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Melansir Klikdokter, menurut penelitian dari jurnal Circulation yang dipublikasi tahun 2020 lalu, mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Dari penelitian yang ada, ditunjukkan pula bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari mengalami penurunan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah secara umum hingga 15 persen!

Dengan rutin mengonsumsi ekstrak atau minyak zaitun, Anda juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner hingga 21 persen.

Entrasol Gold, susu dewasa yang tinggi kalsium dengan kandungan ekstrak buah zaitun

Kini, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari ekstrak buah zaitun di atas dengan mengonsumsi Entrasol Gold, susu dewasa yang tinggi kalsium dengan kandungan ekstrak buah zaitun (Hydroxytyrosol). 

Kandungan ekstrak buah zaitun dalam Entrasol Gold dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung, menangkal radikal bebas, serta mencegah osteoporosis.

Entrasol Gold yang juga tinggi Vitamin D, tinggi serat, tanpa penambahan gula, serta lebih rendah laktosa dan rendah lemak, hadir dengan formula baru dan rasa lebih enak, tersedia dalam tiga varian rasa: Vanilla, Chocolate, dan Original.

Saatnya jaga kesehatan otot, tulang, dan jantung agar tetap aktif seiring bertambahnya usia bersama Entrasol Gold!

Penulis: Anniza Kemala | Editor: Vincentius Haru

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat