androidvodic.com

Viral Permainan Lato-lato Memakan Korban, Kemenkes Buka Suara - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -- Muncul pesan berantai di media whatApps soal permainan lato-lato yang mengakibatkan seorang bocah mengalami kebutaan.

"Assalamualaikum . . Rekan2. . . mau saling mengingatkan, yg pada punya anak main lato-lato, hrs di awasi . ,  ini temen ponakan SD kelas 3 main lato2 kena bola mata pecah akhirnya di angkat dan mata buta sebelah," tulis pesan tersebut yang dilihat News, Senin (9/1/2023).

Baca juga: Fakta Lato-lato Memakan Korban di Kalbar: Mata Bocah Terkena Serpihan dan Berujung Dioperasi

Meski belum diketahui pasti kapan dan tempat terjadinya peristiwa tersebut, dilaporkan permainan lato-lato telah memakan korban.

Dikutip dari Tribun Pontianak, seorang anak berusia 8 tahun di Kubu Raya harus menjalani operasi mata setelah bermain Lato-lato.

Kejadiab itu dikarenakan lato-lato yang dimainkan pecah dan serpihannya menancap di mata.

Baca juga: Kondisi Bocah 8 Tahun di Kubu Raya yang Jadi Korban Lato-lato yang Sampai Jalani Operasi Mata

Ayah korban, AJ, mengatakan anaknya pulang dengan mata merah seusai main lato-lato di rumah kawannya. Mulanya sang anak tak mau menceritakan kenapa matanya bisa terluka.

"Saya bujuk akhirnya dia cerita. Jadi pada saat main, lato-latonya pecah terus serpihannya tertancap di matanya,” ujar AJ, Sabtu (7/1).

Kemenkes Buka Suara

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) pun buka suara.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengimbau, agar kecelakaan tersebut tidak lagi terjadi.

Baca juga: 2 Daerah yang Siswa Dilarang Bawa Lato-lato ke Sekolah, Pesisir Barat Lampung dan Bandung Barat

Orangtua perlu mengawasi secara seksama saat anak bermain permainan lawas itu.

Menurutnya, kejadian tersebut disebabkan karena kecelakaan.

Sehingga tidak diwajibkan lapor kepada Kemenkes.

Ilustrasi lato-lato - Berikut fakta lato-lato memakan korban di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar). Ada seorang bocah terkena serpihan lato-lato hingga berujung operasi.
Ilustrasi lato-lato - Berikut fakta lato-lato memakan korban di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar). Ada seorang bocah terkena serpihan lato-lato hingga berujung operasi. (KOMPAS.com/SUCI RAHAYU)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat