androidvodic.com

Para Vegan Harus Hati-hati, Kekurangan Vitamin B12 Dapat Menyebabkan Peningkatan Risiko Demensia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, MINNESOTA - Jika Anda ingin menghindari kemungkinan mengalami risiko gangguan ingatan pada usia tua, maka konsumsi lah makanan yang mengandung Vitamin B12, termasuk unggas, susu, telur dan kerang.

Dikutip dari laman Sputnik News, Sabtu (18/2/2023), tingkat rendah vitamin ini dalam organisme manusia 'mungkin terkait dengan peningkatan risiko demensia'.

Mayo Clinic, jaringan praktik perawatan kesehatan dengan kampus-kampus besar di Minnesota, Florida dan Arizona, Amerika Serikat (AS) pun telah mengutip beberapa penelitian terkait hal ini.

Di pusat medis nirlaba di Rochester, Minnesota memperingatkan bahwa 'jika anda khawatir tidak mendapatkan cukup vitamin B12 atau nutrisi spesifik lainnya, konsultasikan dengan dokter Anda, terutama jika anda adalah orang dewasa yang lebih tua atau seorang vegetarian'.

Menurut spesialis Mayo Clinic, jumlah vitamin B12 harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa setidaknya 2,4 mikrogram.

Mereka memperingatkan bahwa siapapun yang menjalankan pola makan vegetarian atau vegan berisiko menghadapi kekurangan Vitamin B12, karena makanan nabati tidak mengandung zat ini.

Kekurangan seperti itu pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan parah pada otak dan sistem saraf manusia, juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) pun telah menyoroti bahwa kekurangan vitamin B12 lebih sering terjadi pada orang tua, dan itu mempengaruhi sekitar satu dari 10 orang berusia 75 tahun atau lebih dan satu dari 20 orang berusia antara 65 hingga 74 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat