androidvodic.com

Pemeriksaan Kesehatan Rutin Penting Buat Deteksi Berbagai Risiko Bagi Perempuan Sejak Dini - News

Pemeriksaan Kesehatan Rutin Penting Buat Deteksi Berbagai Risiko Bagi Perempuan Sejak Dini 

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Pemeriksaan kesehatan rutin khususnya bagi perempuan penting untuk mendeteksi dan mengurangi risiko kesehatan sejak dini.

Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Az Zahra Palembang dr. Sylvie Dewi Kusuma mengatakan kesehatan perempuan dan ibu merupakan hal yang perlu mendapat prioritas.

Utamanya saat seorang ibu tengah mengandung lantaran mempengaruhi kesehatan janin secara langsung.

"Oleh karena itu, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, dapat membantu mendeteksi berbagai risiko kesehatan bagi ibu hamil dan perempuan sejak dini," kata Sylvie dalam keterangannya, Senin (6/3/2023).

Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Cegah Stunting, Mulai dari Telur, Susu, Ikan Berlemak hingga Alpukat

Baca juga: Kanker Payudara Jadi Sebab Kematian Terbanyak, Menkes Ingatkan Deteksi Dini 

Selain itu ia menyampaikan bahwa kesehatan reproduksi juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik perempuan secara keseluruhan.

Mengingat perempuan mengalami kondisi seperti menstruasi, hamil, melahirkan dan menopause yang berdampak cukup signifikan terhadap kesehatan.

"Edukasi dan akses terhadap layanan kesehatan perlu terus diperluas ke setiap perempuan Indonesia dan sebagai bagian dari upaya tersebut," ungkapnya.

Berangkat dari hal tersebut, lanjut Sylvie, PT Bundamedik Tbk (BMHS, Bundamedik Healthcare System) berupaya menyehatkan masyarakat Indonesia termasuk perempuan lewat jaringan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) yang tersebar di 3 kota, antara lain RSIA Bunda Jakarta, RSIA Bunda Ciputat dan RSIA Az Zahra Palembang.

"BMHS melalui RSIA Az Zahra Palembang menginisiasi edukasi dan pemeriksaan kesehatan secara gratis khusus perempuan,” kata Sylvie.

Managing Director PT Bundamedik Tbk Nurhadi Yudiyantho menjelaskan perempuan punya peran krusial dalam mendidik generasi penerus, sejingga kondisi kesehatannya perlu diprioritaskan.

"Oleh karena itu, kami percaya bahwa dengan tersedianya akses layanan kesehatan khusus perempuan, seperti melalui kehadiran RSIA ini, dapat turut meningkatkan kualitas kesehatan perempuan,” kata Nurhadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat