androidvodic.com

Awas Jangan Berikan Madu untuk Bayi di Bawah Usia Satu Tahun, Ini Penjelasan Dokter Anak - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Tak sedikit orangtua memberikan madu untuk anak khususnya kepada bayi yang baru lahir.

Padahal cara ini menurut dokter tak dianjurkan.

Baca juga: Madu Jadi Bahan Produk Herbal yang Bermanfaat Menurunkan Berat Badan

Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Charitas Palembang, Gladys Indika Danudibroto mengingatkan bahwa pemberian madu pada anak sangat tidak dianjurkan terlebih diberikan untuk anak usia dibawah 1 tahun.

Hal itu bukan tanpa sebab, menurut Gladys bahwa pada madu didalamnya terdapat kandungan bakteri bernama clostridium botulisme.

Hal itu diungkapkan Gladys di hadapan para Lansia dalam acara Gebyar Lansia 2023 yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Gedung Gramedia, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (5/7/2023).

"Bisa menyebabkan infeksi ke bayi ketika diberikan (madu). Hal itu karena pencernaan bayi belum sempurna, jadi akan lebih rentan infeksi jika diberikan madu," jelasnya.

Terkait hal ini terdapat beberapa dampak yang akan terjadi pada bayi baru lahir jika diberikan madu yakni bayi akan tampak lemas dan muntah berulang.

Ia pun kembali menegaskan, bahwa dari sisi medis tidak menyarankan bagi orang tua untuk memberikan madu pada bayi di bawah satu tahun.

"Jadi segala jenis madu itu tidak disarankan untuk bayi dibawah satu tahun," ujarnya.

Kendati demikian, Gladys menerangkan, bahwa pemberian madu baru bisa dilakukan jika bayi sudah berusia satu tahun ke atas.

Bahkan kata Gladys pertolongan pertama pada anak diatas satu tahun biasanya akan diberikan madu.

"Jadi pertolongan pertamanya dikasih air hangat lalu diberikan madu. Kalau itu sudah ada bukti ilmiahnya, asalkan usianya sudah diatas satu tahun," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat