androidvodic.com

dr. Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi 3 Makanan Sehat Berikut Ini untuk Menjaga Kesehatan Hormon - News

News, KESEHATAN - dr. Zaidul Akbar sarankan konsumsi makanan sehat berikut ini untuk memperbaiki fungsu hormon.

Hormon mengatur berbagai fungsi di dalam tubuh dengan cara mengirimkan pesan melalui darah menuju organ, kulit, otot, dan jaringan lainnya.

Pada kondisi tertentu, kadar hormon menjadi tidak seimbang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit..

Penyebab terjadinya ketidakseimbangan hormon ini sangat beragam, mulai dari terjadinya kerusakan pada kelenjar endokrin, penyakit autoimun, hingga tumor.

Pada wanita, ketidakseimbangan hormon ini terjadi karena beberapa penyebab, seperti gangguan tiroid, stres, gangguan makan, dan penggunaan KB.

Baca juga: dr. Zaidul Akbar Paparkan Dampak Buruk Makan Gorengan hingga Cara Menyiasati Makan Gorengan

Ketidakseimbangan hormon ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, mulai dari haid tidak teratur, gangguan tidur, hingga perubahan berat badan yang drastis.

Dilansir TribunHealth melalui kanal YouTube Bisikan.com, Ahli Gizi sekaligus Pendakwah, dr. Zaidul Akbar menuturkan makanan sehat yang dapat memperbaiki keseimbangan hormon.

dr. Zaidul Akbar menjelaskan, untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan hormon ada baiknya mulai menjaga isi piring hingga isi gelas.

Artinya makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari mulai harus dijaga dengan baik dan tidak boleh konsumsi makanan dan minuman yang sembarangan.

Salah satu minuman yang disarankan oleh dr. Zaidul Akbar untuk menjaga kesehatan hormon adalah mengonsumsi serai.

Diketahui serai mengandung berbagai jenis vitamin B, beta karoten, dan mineral lainnya dalam jumlah sedikit, seperti natrium, seng, mangan, selenium, dan tembaga.

Selain itu, serai juga terkenal memiliki efek antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, hingga antikanker yang membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Beberapa kandungan serai tersebut diyakini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh wanita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat