androidvodic.com

Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung, Begini Ulasan dr Mega - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Mega Febrianora, Sp.JP, FIHA, FAPSC menjelaskan kaitan minum kopi dengan kesehatan jantung.

Kopi menjadi minuman kekinian yang diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja, dewasa, hingga orangtua.

Berbagai sajian jenis kopi inilah yang membuat kopi semakin digemari oleh berbagai kalangan.

Sajian kopi sendiri mulai dari kopi susu, kopi susu gula aren, kopi hitam, kopi V60, kopi manual brew, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Sulit Berhenti Minum Kopi? Berikut dr. Zaidul Akbar Bagikan Solusi untuk Hilangkan Kecanduan Kopi

Mengonsumsi kopi sering kali dikaitkan dengan kesehatan jantung, lantas benarkah konsumsi kopi baik untuk kesehatan jantung?

Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Mega Febrianora, Sp.JP, FIHA, FAPSC memberikan penjelasan yang dilansir TribunHealth melalui tayangan YouTube Tribun Jabar Video.

dr Mega Febrianora menuturkan, terdapat riset yang dikeluarkan oleh American Collage of Cardiology, yang menyatakan bahwa konsumsi kopi baik untuk kesehatan jantung.

American Collage of Cardiology menyebutkan, kopi baik untuk kesehatan jantung jika jumlah cup kopi yang dikonsumsi sekitar 3 cup hingga 5 cup dalam sehari, dan tidak boleh lebih dari itu.

Selain itu, data lain menyebutkan bahwa konsumsi kopi sekitar 3 cup hingga 5 cup sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, gagal jantung, gangguan irama jantung, serta menurunkan risiko kematian sekitar 15 persen.

"Jadi itu termasuk angka yang bagus ya, ini sebenarnya sedang hits di kalangan dokter spesialis jantung akhir-akhir ini karena penemuan riset dari American College Cardiology," terang dr Mega Febrianora.

Baca juga: Berdebar Setelah Minum Kopi? Berikut 5 Tips untuk Mengatasi Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi

Menurut penjelaskan dr Mega Febrianora, poros dari kesehatan jantung Indonesia sendiri berasal dua badan persekutuan jantung, yaitu dari American Collage of Cardiology dan European Society of Cardiology, di mana kedua poros tersebut setuju jika konsumsi kopi bagus untuk kesehatan jantung.

"Statement dari kedua badan persekutuan jantung di American Collage of Cardiology dan European Society of Cardiology, mereka setuju bahwa kopi bagus untuk kesehatan jantung."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat