androidvodic.com

dr Mega Febrianora Paparkan Efek Samping dari Minum Kopi dan Berikut Cara untuk Mengatasinya - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Mega Febrianora, Sp.JP, FIHA, FAPSC paparkan efek samping dari konsumsi kopi.

Bagi sebagian orang, konsumsi kopi dapat menimbulkan beberapa efek samping pada tubuh.

Hal tersebut terjadi karena efek samping kafein yang terkandung di dalam kopi tersebut.

Melansir dari laman Cleveland Clinic, kafein merupakan zat putih pahit yang ditemukan secara alami pada lebih dari 60 tanaman, termasuk biji kopi, daun teh, dan buah kakao yang digunakan untuk membuat cokelat.

Zat ini mampu memberi dorongan energi bagi tubuh, sehingga membantu pengonsumsinya untuk terjaga, semangat, dan lebih berkosentrasi.

Baca juga: Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung, Begini Ulasan dr Mega

Meskipun begitu, konsumsi kopi tidak selalu buruk untuk kesehatan tubuh, karena menurut dr Mega Febrianora, terdapat penelitian yang menyebutkan jika minum kopi memiliki dampak baik untuk kesehatan jantung.

dr Mega Febrianora menjelaskan, poros kesehatan jantung Indonesia mengancu pada dua poros, yaitu American College of Cardiology dan European Society of Cardiology, di mana kedua poros tersebut menyebutkan jika konsumsi kopi dengan takaran yang tepat dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Penting untuk diketahui dan diingat, kopi yang baik untuk kesehatan jantung adalah kopi hitam tanpa tambahan gula, susu, atau pun tambahan lainnya.

Dilansir TribunHealth, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Mega Febrianora, Sp.JP, FIHA, FAPSC memberikan penjelasan mengenai efek samping minum kopi dalam tayangan YouTube Tribun Jabar Video.

Menurut dr Mega Febrianora, efek samping yang kerap terjadi setelah konsumsi kopi adalah insomnia hingga jantung berdebar.

- Insomnia

Konsumsi kopi dapat menimbulkan efek samping seperti insomnia.

Kandungan kafein dalam kopi dapat bertahan setengahnya di dalam tubuh 3 hingga 5 jam, sisanya bertahan dalam waktu yang cukup lama yaitu 8 hingga 14 jam.

Hal ini yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia akibat minum kopi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat