androidvodic.com

Dokter Paru Bagikan 8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Supaya Terhidar dari Dampak Buruk Polusi Udara - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan, Konsultasi Paru Kerja & Lingkungan, dr Feni Fitriani, Sp.P(K) membagikan tips untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari dampak paparan polusi udara.

Diketahui polusi udara merupakan suatu permasalahan yang tidak dapat dihindari dan kondisi ini terjadi di berbagai dunia.

Polusi udaran sendiri merupakan pencemaran udara yang disebabkan oleh gas dan partikel, seperti gas karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), ozon (O3), asap kendaraan, asap pabrik, hingga asap rokok.

Seseorang yang kerap terpapar polusi udara akan berdampak pada kesehatannya yang akhirnya akan menimbulkan penyakit jangka pendek dan penyakit jangka panjang.

Penyakit jangka pendek seperti sakit tenggorokan, batuk, hingga pilek. Sedangkan penyakit jangka panjang seperti asma, PPOK, gangguan fungsi paru, kardiovaskular, gangguan pembuluh darah, hingga risiko kanker.

Baca juga: dr Feni Paparkan Dampak Buruk Polusi Udara Sebabkan Penyakit Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Dilansir TribunHealth, Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan, Konsultasi Paru Kerja & Lingkungan, dr Feni Fitriani, Sp.P(K) memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribun Timur program Tribun Corner.

Dalam penjelasannya tersebut, dr Feni Fitriani bagikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari dampak paparan polusi udara.

1. Menggunakan masker

Menggunakan masker ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain melindungi tubuh dari paparan virus seperti Covid-19, ternyata menggunakan masker juga dapat menjaga kesehatan dari paparan polusi udara.

Menurut penuturan dr Feni Fitriani, masker yang digunakan boleh menggunakan masker kain atau pun masker medis.

Bagi pengguna masker kain, dr Feni Fitriani imbau untuk rajin mencuci masker tersebut dan mengganti masker tersebut sesering mungkin, begitu pula dengan masker medis.

"Sebaiknya jika sudah kotor ataupun basah segera dibuang dan menggantinya dengan yang baru," ungkap dr Feni Fitriani.

Baca juga: dr Zaidul Akbar Anjurkan Miliki 3 Tanaman Ini di Rumah, Menyaring Racun hingga Produksi Oksigen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat