androidvodic.com

Earphone, Headphone, dan Headset, Mana yang Paling Direkomendasikan? Simak Penjelasan Dokter THT - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala dan Leher, dr Arne Laksmiasanti, Sp. THT-KL, M. Kes paparkan aksesoris telinga yang paling direkomendasikan.

Earphone, headphone, dan headset merupakan aksesoris audio atau alat pendengaran yang sering digunakan oleh kebanyakan orang.

Penggunaan aksesoris audio ini biasanya digunakan untuk mendengarkan musik, meeting online, untuk bertelepon, atau keperluan lainnya.

Meskipun memiliki fungsi untuk mendengarkan suara, menurut dr Arne Laksmiasanti, ketiga jenis aksesoris audio tersebut memiliki perbedaan.

Baca juga: Cegah Sembelit dengan Terapkan 5 Tips Berikut, Termasuk Perbanyak Serat hingga Probiotik

- Earphone adalah alat pendengaran di mana penggunaannya dimasukkan ke liang telinga dan jenis alat ini sering digunakan oleh banyak orang karena dinilai paling praktis.

- Headphone merupakan alat untuk mendengarkan suara, di mana alat ini hanya untuk mendengarkan saja tidak bisa untuk berkomunikasi dan penggunaannya di luar telinga (tidak dimasukkan ke liang telinga).

- Headset ialah gabungan antara headphone dan microphone yang dapat digunakan untuk mendengarkan suara dan berkomunikasi.

Lantas, dari ketiga aksesoris audio tersebut, manakah yang paling direkomendasikan untuk menjaga kesehatan telinga?

Baca juga: 7 Tips Atasi Telinga yang Kemasukan Air, Miringkan Kepala hingga Lakukan Manuver Valsava

Dilansir melalui YouTube TribunHealth, Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala dan Leher, dr Arne Laksmiasanti, Sp. THT-KL, M. Kes paparkan aksesoris telinga yang paling direkomendasikan.

Menurut dr Arne Laksmiasanti, setiap jenis alat dengar tersebut memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Namun, di antara keuntungan dan kerugiannya, yang paling direkomendasikan menurut dr Arne Laksmiasanti ialah headphone atau headset.

Kedua alat tersebut direkomendasikan, karena penggunaan kedua alat tersebut tidak berkontak langsung dengan liang telinga.

Untuk earphone sendiri memang memiliki bentuk yang kecil dan penggunaannya pun langsung masuk ke liang telinga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat