androidvodic.com

Dokter Spesialis Ortopedi Sebut Pengobatan Skoliosis Disesuaikan dengan Derajat Keparahannya - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi Konsultan Tulang Belakang, dr. Phedy, Sp.OT (K) Spine sebut penanganan skoliosis akan disesuaikan dengan masing-masing derajat keparahan tiap pasien.

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang ditandai dengan bentuk punggung yang melengkung seperti huruf S dan huruf C.

Kelainan tulang belakang ini dibagi menjadi beberapa tipe dan masing-masing tipe memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Tipe skoliosis yang pertama adalah skoliosis kongenital atau skoliosis bawaan lahir, kedua skoliosis idiopatik atau skoliosis yang tidak diketahui penyebabnya, ketiga skoliosis degeneratif atau sering terjadi pada orangtua, dan keempat skoliosis neuromuskuler atau skoliosis akibat kelainan saraf.

Baca juga: Mengenal 4 Tipe Skoliosis, Kelainan Tulang Belakang yang Disampaikan oleh Dokter Spesialis Ortopedi

Dilansir TribunHealth melalui kanal YouTube Kompas TV, Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi Konsultan Tulang Belakang, dr Phedy, Sp.OT (K) Spine jelaskan mengenai penanganan atau pengobatan pada skoliosis.

dr Phedy menyebutkan, awalnya skoliosis memiliki keluhan yang ringan, namun jika tidak dilakukan pengobatan dan seiring bertambahnya usia, skoliosis ini bisa menjadi lebih parah.

Untuk memberikan pengobatan pada penderita skoliosis, harus memperhatikan beberapa faktor, salah satunya derajat keparahan dari skoliosis tersebut.

"Yang paling utama adalah derajat terberat dari skoliosis tersebut, biasanya dari foto rontgen dapat diukur sudutnya dan pengobatan disesuaikan dengan sudutnya," jelas dr Phedy.

Baca juga: dr. Zaidul Akbar Bagikan Tips Cara Makan Mie Instan yang Paling Baik agar Tubuh Tetap Fit

Derajat Keparahan Skoliosis

1. Sudut 0-30 derajat

dr Phedy menuturkan, untuk sudut 0-30 derajat, dalam pengobatannya akan dilakukan obeservasi lebih dulu.

Observasi tersebut dalam artian tidak memerlukan tindakan operasi, tidak perlu memberikan obat-obatan atau menggunakan alat khusus.

Pada derajat ini, biasanya pasien akan disarankan untuk olahraga atau excersice supaya ototnya fit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat