androidvodic.com

Pemanfaatan Teknologi Terbaru Atasi Wasir untuk Warga Kota Semarang - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Wasir atau hemoroid adalah suatu kondisi medis yang umum terjadi pada banyak orang di seluruh dunia yang ditandai dengan pembengkakan dan peradangan di sekitar anus dan rektum yang dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan pendarahan.

Dokter spesialis bedah di RS Telogorejo Semarang, dr FX Ardian Cahyadi, Sp.B-KBD mengatakan, benjolan pada wasir mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan.

"Wasir internal juga bisa sembuh dengan sendirinya jika termasuk ke dalam jenis wasir ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat BAB," kata Ardian Cahyadi saat peluncuran Vena Wasir Center di RS Telogorejo Semarang belum lama ini.

Namun demikian, berbagai gejala ini baru akan timbul biasanya baru muncul ketika wasir dalam menjadi semakin besar.

Untuk memastikan mutu dan meningkatkan pelayanan medis yang baik, kata dia, hadirnya peralatan canggih dari Vena Wasir Center di rumah sakit semakin meningkatkan kepercayaan terhadap layanan kesehatan wasir.

Baca juga: Sering Angkat Beban Terlalu Berat dan Obesitas Jadi Faktor Pemicu Wasir 

Direktur utama RS. Telogorejo, dr Alice Sutedjo Lisa MKM mengatakan, metode baru yang dikerjasamakan Vena Wasir dengan minimal invasif akan mebuat nyeri pasien berkurang.

"Namun tentunya untuk menetapkan ini bisa dikerjakan dengan metode apa harus kembali lagi ke kondisi pasien seperti apa dan biasanya yang sering datang yang sudah besar dan berdarah, padahal kalau penyakit di atasi sejak awal (kecil) akan lebih bagus,” ujar dr Alice.

Muhammad Ali Maksum mengatakan, saat ini Vena Wasir memiliki teknologi flash optical laser ini merupakan tindakan bedah yang tidak melibatkan pemotongan jaringan hemoroid.

"Prinsipnya, energi laser akan dialirkan untuk mengempiskan hemoroid dengan rasa nyeri minimal, durasi tindakan lebih cepat kurang dari 20 menit dan proses penyembuhan cepat sehingga tidak perlu rawat inap," katanya.

Selain laser, pihaknya memiliki teknologi canggih lainnya yaitu radio frekuensi yang mengatasi wasir hingga tuntas dengan efektivitas terapi mencapai hingga 90 persen tanpa luka bakar sehingga tidak menimbulkan rasa panas di sekitar anus.

"Keunggulan lain dari metode ini adalah wasir kering hingga ke pangkal dan pasien dapat langsung beraktivitas setelah tindakan," kata Ali Maksum.

Dengan menggunakan metode terbaru ini, pasien tidak perlu lagi melakukan operasi bedah terbuka maupun konvensional dengan masa penyembuhan yang lebih lama.

Baca juga: Hemorrhoid, Penyakit Wasir yang Kerap Dipandang Aib: Lakukan Deteksi Sejak Dini

"Metode modern ini lebih minim sayatan, luka sedikit dan Anda bisa langsung beraktivitas," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Abdurrahman S.Ikom selaku Direktur Bisnis dan Operasional PT Rumah Wasir Andalan mengatakan, Vena Wasir Center sudah ada di beberapa kota di Indonesia.

“Kota Semarang jadi yang ke-20 dan RS Telogorejo dipilih karena merupakan salah satu RS swasta di Semarang ternama, terbaik serta terpercaya yang sudah ada sejak tahun 1925," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat