androidvodic.com

Kenali Gangguan Nyeri Wajah Sebelah Akibat Trigeminal Neuralgia, Penyebab hingga Cara Menghindari - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Nyeri wajah sebelah yang luar biasa akibat trigeminal neuralgia bisa membuat penderitanya merasa putus asa dan kadang menimbulkan perasaan ingin mengakhiri hidupnya.

Ini sebabnya penyakit trigeminal neuralgia mendapat julukan sebagai The Suicide Disease.

Trigeminal neuralgia merupakan kondisi medis memberikan dampak berat pada penderitanya dalam menjalankan aktivitas hariannya karena dapat membatasi kemampuan bicara, makan, minum bahkan tidur yang kesemuanya lambat laun akan menurunkan kualitas hidup.

Baca juga: Kenali Gejala dan Penanganan Trigeminal Neuralgia, Nyeri Wajah Sebelah

Dokter gigi Nella Arman Saibi mengatakan, pada penderita trigeminal neuralgia memeriksakan kondisi giginya, kadangkala dokter gigi yang memeriksa, mengira rasa sakit yang muncul karena adanya masalah pada giginya.

"Bahkan sampai ada gigi yang dicabut namun nyeri itu masih ada,” jelas drg. Nella Arman Saibi, yang membawakan presentasi Penyakit Gigi dan Mulut yang Menyerupai Kelainan Trigeminal Neuralgia saat seminar awam dalam rangka memperingati ‘International Trigeminal Neuralgia Awareness Day’ yang jatuh setiap tanggal 7 Oktober setiap tahunnya di Jakarta belum lama ini. 

Dikatakannya, ada perbedaan yang siginifikan antara sakit yang ditimbulkan oleh masalah pada gigi dan sakit akibat trigeminal neuralgia.

“Bila kondisi gigi yang bermasalah berhasil diatasi dan nyeri pun hilang kemungkinan memang ada masalah pada gigi.

Tetapi kalau saja nyeri itu masih saja ada, walau sudah minum obat antinyeri, maka lakukan rujukan ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Neuralgia trigeminal atau trigeminal neuralgia sebenarnya adalah kumpulan dari gejala yang terjadi berulang, kronik dan rasa nyerinya cukup khas.

Penyebabnya adalah tertekannya atau tertindihnya saraf trigeminal oleh pembuluh darah di dekatnya, sehingga mencetuskan nyeri yang rasanya seperti terbakar, tertusuk jarum, kesetrum dan seperti disilet.

Baca juga: Kelainan Syaraf Trigeminal Neuralgia, Timbulkan Nyeri Hebat seperti Tertusuk di Satu Sisi Wajah

Akibat tertekannya saraf, maka akan muncul gesekan sehingga merusak lapisan pelindung saraf trigeminal sehingga menimbulkan cetusan impuls listrik yang tidak normal, akibatnya adalah nyeri terasa seperti ditusuk, terbakar atau disilet.

Penyebab lain terjadinya trigeminal neuralgia adanya tumor atau kelainan pembuluh darah bawaan yang menekan saraf trigeminal.

Nyeri akan muncul di daerah yang dipersarafi oleh saraf trigeminal. Sesuai namanya, trigeminal ini memiliki 3 cabang, yakni dahi, rahang atas/pipi  dan rahang bawah/dagu. Di sinilah biasanya nyeri akan muncul. tajam, tertusuk pada pipi, bibir, dagu, hidung, dahi, maupun gusi pada salah satu sisi wajah. Serangan nyeri datang tiba-tiba, kuat, tajam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat