androidvodic.com

Polusi Rentan Bikin Mata Rusak, Lakukan 4 Tips Ini untuk Jaga Kesehatan Mata - News

News - Kualitas udara yang buruk tengah menghantui sebagian kota di Indonesia, salah satunya DKI Jakarta. Buruknya kualitas udara ini tentu menimbulkan rasa khawatir dalam benak masyarakat, sebab debu dan partikel-partikel lain dalam polusi udara dapat memengaruhi kesehatan seseorang.

Selain menyebabkan iritasi saluran pernapasan dan gangguan kulit, paparan polusi yang masuk ke dalam tubuh juga dapat menimbulkan kondisi gangguan penglihatan, seperti mata merah yang terasa perih dan gatal.

Lebih dari itu, dilansir dari Klikdokter, seseorang yang terpapar polutan dengan kadar yang tinggi dapat mengalami penurunan fungsi retina hingga menyebabkan buramnya penglihatan. Bahkan pada beberapa kasus, orang yang mengalami gejala tersebut juga dapat kehilangan penglihatan pada salah satu atau kedua mata.

Gangguan penglihatan akibat polusi tentu bisa terjadi pada siapa saja, apalagi jika Anda tinggal di kota besar. Untungnya, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata di tengah tingginya polusi udara, seperti:

  • Menggunakan kacamata yang melindungi mata dari berbagai sisi ketika hendak bepergian ke luar rumah
  • Membatasi aktivitas di luar ruangan 
  • Menggunakan air purifier di dalam ruangan untuk menyaring udara kotor
  • Selalu mencuci tangan sebelum menyentuh mata
  • Hindari kebiasaan mengucek mata karena dapat memperparah iritasi pada mata
  • Menutup jendela dan pintu untuk menghindari debu, asap, dan partikel lain dari polusi masuk ke dalam rumah.

Selain melakukan berbagai upaya tersebut, pastikan Anda selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, ya! Pasalnya, dilansir dari Kompas.com, asap yang terhirup masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan inflamasi dan stres oksidatif yang berbahaya bagi organ tubuh, termasuk mata. 

https://asset-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/originals/insto-cool-adv.jpg

Lakukan hal ini saat mengalami iritasi mata

Sinar matahari, debu, polusi, dan asap merupakan penyebab penglihatan seseorang mengalami iritasi hingga membuat mata terasa perih, gatal, dan kemerahan. Hal ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman yang akhirnya mengganggu kenyamanan Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jika Anda sedang mengalami gangguan pada mata akibat terpapar polusi udara, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi iritasi mata, di antaranya:

  1. Mengompres mata yang iritasi dengan air hangat guna meningkatkan aliran darah di sekitar mata dan bantu merilekskan mata. 
  2. Membersihkan mata dengan menggunakan air bersih.
  3. Mengonsumsi obat alergi atau obat dengan kandungan antihistamin yang dapat bantu mengurangi rasa gatal pada mata.
  4. Meneteskan obat mata yang dapat menjaga kelembaban permukaan mata sekaligus memberikan sensasi segar pada mata.

Jika Anda sedang mencari solusi yang dapat mengatasi iritasi mata dan meredakan mata merah dengan sensasi dingin, obat tetes mata adalah jawabannya. 

Anda bisa memilih obat tetes mata dengan kandungan aktif yang bermanfaat meredakan mata merah dengan sensasi dingin, sekaligus mampu memberikan rasa segar untuk mata Anda. 

Hadir dalam kemasan berukuran 7.5 ml, obat tetes mata dapat menjadi andalan Anda kapanpun dan di manapun, terlebih buat Anda yang harus beraktivitas di luar ruangan sepanjang hari.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir dan bingung lagi untuk menjaga mata tetap nyaman dan sehat di tengah tingginya polusi udara, karena obat tetes mata siap bantu Anda atasi gejala iritasi mata!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat