androidvodic.com

Jangan Anggap Sepele Alergi pada Kulit Bayi - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Dokter spesialis anak Dr. dr. Tubagus Rachmat Sentika Hasan, Sp.A, MARS mengatakan, pentingnya pengetahuan terkait cara mencegah alergi pada kulit bayi.

Karena itu, tenaga kesehatan seperti bidan perlu melakukan edukasi kesehatan kulit bayi bagi para Ibu hamil dan Ibu dengan bayi pada lokasi praktek masing-masing.

“Bicara mengenai memperhatikan kesehatan anak itu juga termasuk memperhatikan kulitnya," tutur dia dalam kegiatan yang digelar baru-baru ini. 

Baca juga: Kulit Bayi Tampak Kering dan Berkerak? Waspada Terkena Eksim

Tubagus memaparkan kelainan kulit perlu dicermati, lantaran, ada yg berkaitan dengan alergi, ada yang berkaitan dengan kontak berbagai barang, alat, obat oles serta jenis makanan yang harus dicermati oleh para orangtua dan para bidan.

"Karena kesehatan kulit sangat penting bagi tumbuh kembang bayi, dimana kulit bayi atau balita sangat rentan dengan iritasi dan alergi yang dapat menghambat tumbuh kembangnya," ujar Dr Tubagus.

Tidak hanya itu, kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia sehingga sangat perlu dijaga. 

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi yang dapat Orang Tua lakukan, selain menjaga kebersihan kulit, yaitu dengan memilih popok bayi yang tepat. 

"Popok bayi yang tepat tentunya dapat menghindarkan buah hati dari ruam, iritasi dan alergi yang sering kali muncul karena penggunaan popok bayi," ungkap dia.

Karena itu Ketua Umum IBI Pusat Dr. Ade Jubaedah, S.Si.T,MM, M.KM menyambut baik kolaborasi pihak swasta dalam kegiatan ini untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan refreshment bagi para Bidan dalam memberikan informasi kepada para Ibu, terutama mengenai pentingnya kesehatan kulit bayi.

Bahwa kesehatan kulit juga sangat berpengaruh pada tumbuh kembang bayi. 

"Harapannya para Bidan dapat memberikan informasi kepada para Ibu dengan lebih baik, sehingga bayi-bayi di Indonesia khususnya di wilayah Jabodetabek ini dapat terhindar dari permasalahan kulit yang dapat mengganggu tumbuh kembang," ungkap dia.

Sebelumnya, Vice President Marketing Kao Indonesia Susilowati mengatakan, pihaknya bersama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) berkolaborasi untuk mengedukasi 200 Bidan di Jabodetabek terkait kesehatan kulit bayi

Bidan memiliki peran penting dan menjadi garda terdepan bagi Ibu hamil, baik dari masa kehamilan hingga melahirkan serta dapat menjadi perpanjangan tangan dalam mengedukasi para Ibu hamil terkait dengan pentingnya kesehatan kulit bayi yang sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang. 

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, alergi merupakan sebuah respon sistem kekebalan terhadap zat asing yang biasanya, tidak berbahaya bagi tubuh kebanyakan orang.

Reaksi tersebut dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti pilek, ruam kulit yang gatal, atau bahkan sesak napas. 

Zat asing yang membuat tubuh bereaksi itu dapat disebut juga sebagai alergen. Sistem kekebalan tubuh menghasilkan zat yang dikenal sebagai antibodi. 

Ketika memiliki alergi, sistem kekebalan tersebut membuat antibodi yang mengidentifikasi alergen tertentu sebagai sesuatu yang berbahaya dan memberikan reaksi, meskipun sebenarnya tidak. 

Terdapat berbagai macam alergi. Beberapa alergi dapat bersifat musiman, sepanjang tahun, bahkan hingga seumur hidup

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat