androidvodic.com

Ahli Gizi Jelaskan Manfaat Kandungan Udang Bagi Tubuh: Mampu Perbaiki Jaringan yang Rusak - News

Ahli Gizi Jelaskan Manfaat Kandungan Udang Bagi Tubuh: Mampu Perbaiki Jaringan yang Rusak

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Ahli gizi dr. Ida Gunawan, MS, Sp. GK mengatakan udang adalah sumber protein yang tinggi.

Dalam 100 gram udang, terdapat protein sebanyak 20 gram dan hanya mengandung sekitar 84 kalori.

"Hal ini menjadikan udang sebagai bahan makanan yang tinggi protein, tetapi rendah kalori," ujar Ida melalui keterangan tertulis, Kamis (15/2/2024).

Protein adalah bahan dasar untuk pembentukan sel-sel baru dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak.

Baca juga: Mengenal Teknologi Tambak Udang Modern Terbesar yang Siap Dipanen Wapres Maruf Amin di Kebumen

Di samping itu, asam lemak omega-3 berperan untuk kesehatan jantung, pembuluh darah, dan otak. Kalsium, fosfor, dan magnesium juga terkandung dalam udang.

"Ketiga mineral ini penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Sedangkan zinc membantu memperkuat akar rambut, sehingga rambut jadi tidak mudah rontok," katanya.

Selain itu, mengonsumsi udang berkualitas tinggi dapat menjadikan kulit lebih kenyal, cerah, dan tampak awet muda.

Udang mengandung zat antioksidan, yaitu astaxanthin. Astaxanthin bukanlah antioksidan biasa, zat ini dianggap memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada vitamin C dan vitamin E.

Astaxanthin dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas, seperti sinar UV, polusi, dan rokok. Kerusakan ini dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, keriput, dan berpigmen.

Astaxanthin juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang memberikan elastisitas pada kulit sehingga kulit tetap kencang dan halus.

Selain itu, astaxanthin dapat meningkatkan kelembapan kulit dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, senyawa yang dapat menahan air di dalam kulit. Kulit yang lembap tentu akan terlihat lebih sehat dan glowing.

Udang juga bisa diolah udang menjadi ebi furai untuk mendapatkan cita rasa yang gurih dan renyah.

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, Utari Octavianty, menjelaskan eni furai bisa didapatkan pada marketplace Seafood by Aruna.

"Seafood by Aruna adalah distributor ikan laut yang menjual ebi furai, udang, udang kupas, dan berbagai seafood beku lainnya. Seafood yang kamu beli memiliki kualitas terbaik dari hasil tangkapan nelayan lokal," ucap Utari.

Ebi furai adalah menu yang lezat dan sehat yang bisa bikin kulit makin cerah dan berseri karena kandungan udang di dalamnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat