androidvodic.com

Tidak Ingin Gula Berlebih: Mending Pilih Minuman Less Sugar, No Sugar, atau Unsweetened? - News

News - Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan semakin meningkat. Masyarakat pun semakin peduli dengan risiko mengonsumsi gula secara berlebihan. Meski manis di awal, konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas, diabetes tipe 2, dan masalah kardiovaskular. Tak mengherankan, banyak orang yang mulai membatasi asupan gula dan berganti ke minuman tanpa gula.

Untuk merespon hal tersebut, produsen minuman pun berlomba-lomba menyediakan pilihan minuman less sugar, no sugar, dan unsweetened. Namun, konsumen seringkali sulit membedakan ketiga jenis minuman tersebut dan gagal paham tentang manfaat yang ditawarkan oleh masing-masing varian. Untuk menjawab kebingungan tersebut, yuk mengenal lebih dekat perbedaan dari masing-masing jenis minuman rendah gula.

Baca juga: Konsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Kandungan Gula Tingkatkan Risiko Obesitas dan Diabetes pada Anak

Berkenalan dengan Minuman Less Sugar

Dari namanya, mungkin kamu sudah bisa menebak. Minuman less sugar adalah jenis minuman yang mengandung gula lebih sedikit. Biasanya, kandungan gulanya sekitar 25 persen lebih sedikit dibandingkan dengan minuman biasa atau versi reguler.

Bagi kamu yang ingin mengurangi konsumsi gula tanpa harus meninggalkan rasa manis sepenuhnya, minuman less sugar bisa jadi salah satu opsi. Perlu ekstra hati-hati agar tidak berlebihan mengonsumsinya, karena minuman ini masih manis dan tetap mengandung gula.

Apa Itu Minuman No Sugar

Kalau minuman less sugar cuma mengandung sedikit gula, beda lagi dengan minuman no sugar. Sesuai namanya, minuman jenis ini sepenuhnya bebas gula tambahan atau sukrosa.

Minuman ini terbagi menjadi dua, yaitu ‘benar-benar tidak manis’ (unsweetened) dan yang ‘manis’. Yang ‘manis’ belakangan lebih marak dan banyak di pasar Indonesia, karenanya kita bahas yang ini.

Bila dijumpai minuman yang mengklaim no sugar namun ternyata rasanya manis, maka bisa dipastikan rasa manis tersebut berasal dari pemanis lainnya (sweeteners).

Bicara tentang pemanis atau sweeteners, perlu kalian ketahui ada jenis pemanis buatan (artificial sweeteners) yang berasal proses sintesa kimiawi dari minyak bumi/gas alam seperti sakarin (atau sering dikenal dengan sebutan ‘Seribu Manis’), natrium siklamat, dan aspartam. Di beberapa negara maju, penggunaan pemanis buatan sintesa kimiawi ini dibatasi, atau bahkan dilarang.

Ada juga pemanis alami (natural sweeteners) seperti madu, gula kelapa/aren, ekstrak daun stevia, xylitol, sirup fruktosa dari jagung, dengan harga yang biasanya lebih mahal dan untuk produk yang lebih premium.

Ada juga produk minuman yang menggunakan campuran dari berbagai pemanis yang sudah disebutkan di atas.

Pastikan kalian membaca komposisi dan jumlah kandungan pemanis di label dengan cermat dan baik sebelum mengonsumsinya.

Baca juga: Minuman Kemasan Tertentu Miliki Kandungan Gula Berlebih, Konsumen Wajib Baca Label Kemasan

Bagaimana dengan Minuman Unsweetened

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat