androidvodic.com

Studi: Tak Ada Jumlah Aman Konsumsi Alkohol bagi Kesehatan - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA-  Tidak ada jumlah aman dalam mengkonsumsi alkohol bagi kesehatan. Risiko dan bahaya konsumsi alkohol tak main-main.

Berdasarkan studi terbaru The Lancet Public Health disampaikan bahwa alkohol meningkatkan risiko terkena tujuh jenis kanker.

Alkohol menyebabkan kerusakan, lantaran alkohol adalah zat beracun, psikoaktif, dan menyebabkan ketergantungan serta telah diklasifikasikan sebagai karsinogen Grup 1 oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker beberapa dekade yang lalu.

Baca juga: Kurnia Meiga Akui Pernah Minum Alkohol, Lempar Permintaan agar Netizen Tak Hujat sang Mantan Istri

Lalu bagaimana alkohol bisa menyebabkan kanker?

Mengutip laman resmi WHO, Alkohol menyebabkan tujuh jenis kanker, seperti kanker usus dan kanker payudara wanita.

Alkohol menyebabkan kanker melalui mekanisme biologis ketika senyawa tersebut terurai di dalam tubuh. Sehingga berapapun harga dan kualitas alkohol, mempunyai risiko terkena kanker.

Selain itu dalam jurnal Addiction, para peneliti dari University of Otago di Selandia Baru mendapati ada hubungan sebab akibat alkohol menyebabkan terkena kanker orofaring (bagian tengah tenggorokan), laring (tenggorokan), esofagus (kerongkongan), hati dan rektum.

Banyak orang berpikiran bahwa semakin banyak minum alkohol maka semakin meningkatkan risiko terkena kanker.

Namun ternyata tidak demikian. Data terbaru menunjukkan, setengah dari seluruh kanker yang disebabkan oleh alkohol di Wilayah Eropa WHO disebabkan oleh konsumsi alkohol ringan dan sedang – kurang dari 1,5 liter anggur atau kurang dari 3,5 liter bir atau kurang dari 450 mililiter per minggu.

Pola minum ini seperti itu bertanggung jawab atas sebagian besar kanker payudara pada wanita yang disebabkan oleh alkohol, dengan beban tertinggi terjadi di negara-negara Uni Eropa (UE).

Di UE, kanker adalah penyebab utama kematian dengan tingkat kejadian yang terus meningkat dan sebagian besar kematian akibat alkohol disebabkan oleh berbagai jenis kanker.

Baca juga: Pesta Miras Berujung Maut, 3 Warga Tasikmalaya Tewas usai Tenggak Alkohol Campur Minuman Berenergi

Sejauh ini juga, belum ada penelitian yang menunjukkan ada dampak yang menguntungkan dari konsumsi alkohol dalam jumlah sedikit dan sedang terhadap penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

"Tidak peduli seberapa banyak Anda minum risiko terhadap kesehatan peminumnya dimulai dari tetes pertama minuman beralkohol,” jelas Dr Carina Ferreira-Borges, yang bertindak sebagai Pimpinan Unit untuk Manajemen Penyakit Tidak Menular dan Penasihat Regional untuk Alkohol dan Obat-Obatan Gelap di Kantor Regional WHO untuk Eropa.

Meskipun demikian, pertanyaan tentang efek menguntungkan dari alkohol telah menjadi isu kontroversial dalam penelitian selama bertahun-tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat