androidvodic.com

Bahaya Sering Menahan Pipis: Hilang Kesadaran Hingga Gangguan Otak - News

News, JAKARTA - Menahan buang air kecil atau pipis umumnya pasti pernah dilakukan oleh setiap orang. Namun perilaku tersebut jangan jadi kebiasaan.

Terlalu sering menahan pipis bisa berujung pada infeksi saluran kemih yang berat hingga hilangnya kesadaran. "Kalau infeksi, bisa bersifat lokal dan sistemik. Lokal gejala lokal. Yang bahaya terjadi secara sistemik, bisa infeksi berat," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RSPI Sulianti Saroso Dr Rizka Zainudin, SpPD pada talkshow kesehatan di akun Instagram Kementerian Kesehatan, Rabu (17/4/2024).

Infeksi berat tersebut kata Dr Rizka terjadi akibat bakteri yang berkembang biak di saluran kemih karena sering menahan pipis. Koloni bakteri ini tidak hanya di saluran kemih saja, tapi juga bisa masuk ke dalam darah. Lalu menyebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan peradangan sifatnya sistemik.

"Kalau sampai berat bisa menyebabkan kondisi sepsis. Dia infeksi berat disertai gangguan fungsi organ lain. Bisa hati, otak, penurunan kesadaran dan sebagainya," jelas dr Rizka.

Ia pun mengingatkan jika kondisi ini berisiko pada pasien ibu hamil, orang lanjut usia dan kelompok immunocompromised. Lebih lanjut, dr Rizka membagikan tips bagi untuk mencegah terlalu sering menahan kencing pada kondisi tertentu.

Misalnya, jika sedang dalam perjalanan jauh, upaya yang mungkin bisa dilakukan adalah mengurangi asupan cairan. "Mungkin 1-2 jam terakhir minum sebelum masuk kereta. Berkemih (buang air kecil) sebelumnya sehingga frekuensi tidak terlalu sering, setelah itu minum seperti biasanya," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat