androidvodic.com

Orang Terlanjur Kena Diabetes Dapat Hidup Sehat, Ini yang Harus Dilakukan - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Saat ini, Indonesia tercatat sebagai negara dengan konsumsi gula terbesar ke-6 di dunia, yaitu mencapai 7,8 juta metrik ton/tahun.

Bahkan Survei Sosial Ekonomi Nasional BPS tahun 2021 menunjukkan, 47,9 juta penduduk masih mengonsumsi gula secara berlebihan . 

Konsumsi makanan dan minuman dengan gula berlebih dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes mellitus tipe-2 (DM tipe-2).

"Penyakit ini bahkan tidak memandang usia, karena penderita DM tipe-2 justru lebih didominasi oleh kelompok usia produktif (52,1 persen), dibandingkan kelompok usia lanjut (48,9 persen," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.G.K., dalam kegiatan peluncuran Bango Less Sugar Fit Festival di Gandaria City, Jumat (24/5/2024).

Baca juga: Diabetes yang Tidak Terkendali Bisa Sebabkan Gangguan Mata hingga Kebutaan

Selain faktor gaya hidup kurang gerak, penyakit ini sangat erat kaitannya dengan pola konsumsi yang tidak sehat, termasuk makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih.

Jika seseorang terlanjur terkena diabetes kata dr Diana, sebenarnya pasien dapat tetap hidup sehat dan produktif.

"Caranya harus konsisten menerapkan kebiasaan mengatur asupan dan pola makan terbaik guna mengontrol kadar gula dalam darah, disertai gaya hidup aktif," ujar dia.

Menjadi pola hidup tetap sehat diharapkan bisa mengurangi peningkatan risiko berbagai komplikasi. Misalkan pada jantung dan pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf.

Selain itu, pasien diabetes juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terjadinya infeksi. 

Oleh karena itu, penderita diabetes membutuhkan pengawasan yang berkelanjutan.

Karena itu, menerapkan pola hidup sehat penting agar terhindar dari risiko terjadinya komplikasi diabetes

"Pola makan rendah gula, rendah lemak, rendah garam, gizi seimbang protein, sayur, buah, lengkap semua. Tidak malas olahraga. Gaya hidup ini harus sustain, terus menerus agar tidak terjadi masalah kesehatan lainnya," ungkap dr Diana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat