androidvodic.com

Sering Dianggap Sama, Kenali Gejala dan Penanganan Tepat Gerd dan Tukak Lambung - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA - Mungkin Anda mengira penyakit gerd (Gastroesophageal Reflux Disease) dan tukak lambung merupakan penyakit yang sama.

Padahal keduanya penyakit tersebut tidaklah sama. 

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi-hepatologi RS Siloam Kebon Jeruk Dr. dr. Hasan Maulahela, Sp.PD, Subsp.G.E.H.(K), menuturkan, secara umum, gerd adalah kondisi saat cairan lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa nyeri dan seperti terbakar di dada. 

Kondisi ini terjadi dikarenakan katup yang berada di lambung mengalami kerusakan sehingga menyebabkan asam lambung keluar dan mengenai organ tubuh lainnya seperti iritasi pada kerongkongan. 

Sedangkan, tukak lambung adalah kondisi saat luka terbentuk pada lapisan permukaan lambung atau usus dua belas jari. 

Baca juga: Orang Tua Disarankan Lakukan Deteksi Dini Risiko Asma Pada Anak Usia Pra-Sekolah

"Kondisi ini terjadi karena terkikisnya selaput yang berfungsi untuk melapisi dinding pada lambung yang mengalami luka terbuka dan umumnya disebabkan oleh infeksi,” terang dr. Hasan dikutip dari keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Beda Gejala Gerd dan Tukak Lambung

Gejala yang umum terjadi akibat gerd selain heartburn, dapat dilihat jika seseorang sering bersendawa, keluhan terasa ada semacam rasa mengganjal di tenggorokan atau kesulitan menelan, dan gangguan tidur akibat gejala tersebut. 

Gerd biasanya terjadi setelah makan atau berbaring dan dapat memburuk dengan faktor pemicu seperti makan makanan pedas, makanan berlemak, minum alkohol, atau merokok.

Sementara itu, tukak lambung biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau penggunaan jangka panjang obat seperti ibuprofen atau aspirin. 

Gejala yang umum terjadi akibat tukak lambung meliputi nyeri abdomen bagian atas yang dapat terasa seperti perut kembung atau terbakar, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan perdarahan gastrointestinal yang menyebabkan tinja berwarna hitam atau terdapat darah dalam ketika seseorang muntah.

Meskipun ada beberapa gejala umum yang serupa antara gerd dan tukak lambung, namun ada beberapa perbedaan yang harus diwaspadai. 

Baca juga: Kasus Infeksi Gondongan Meningkat, Ketahui Gejala dan Pencegahannya  

Perbedaan utamanya adalah pada lokasi keluhan dan penyebabnya. Apabila gerd umumnya menyebabkan keluhan di dada dan terjadi karena naiknya isi lambung ke kerongkongan, maka tukak lambung biasanya menyebabkan nyeri abdomen bagian atas akibat luka pada lambung atau usus dua belas jari.

Penanganan Pasien Gerd dan Tukak Lambung

Tindakan penanganan untuk Gerd dan tukak lambung dapat bervariasi, tergantung pada penyebab serta tingkat keparahan kondisi sang pasien. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat