androidvodic.com

Rayakan Hari Guru, Bimas Katolik Selenggarakan Seleksi Akademik untuk PPG - News

News - Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Tahun ini, Bangsa Indonesia merayakan Hari Guru Nasional yang ke-27.

Peringatan Hari Guru Nasional merupakan perwujudan penghargaan dan rasa hormat atas dedikasi dan perjuangan para guru dalam mencerdaskan manusia Indonesia.

Dalam momentum Hari Guru Nasional ini, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik akan mengadakan Seleksi Akademik Calon Peserta Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Guru Pendidikan Agama Katolik. Kegiatan Seleksi Akademik ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 26-27 November 2021.

Program Pendidikan Guru Dalam Jabatan yang selanjutnya disebut Program Profesi Guru (PPG) adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan guru dalam menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik.

Kasubdit Pendidikan Dasar Direktorat Pendidikan Katolik Barnabas Ola Baba, menyatakan bahwa kegiatan Seleksi Akademik merupakan tahap kedua dari proses seleksi calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Guru Pendidikan Agama Katolik. Tahap pertama telah dilakukan seleksi administrasi.

“Para guru yang lolos seleksi administrasi sebanyak 2.676 orang. Para guru inilah yang mempunyai hak untuk ambil bagian dalam seleksi akademik,” ungkap Ola Baba.

Ada dua bentuk pelaksanaan Seleksi Akademik calon peserta PPG yaitu Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan domisili. Peserta yang memilih TUK sebanyak 2451 orang. Sedangkan peserta yang memilih domisili berjumlah 219 orang.

Direktur Pendidikan Katolik, Agustinus Tungga Gempa menyatakan bahwa pelaksanaan PPG Dalam Jabatan yang diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Katolik merupakan pelaksanaan untuk pertama kalinya.

“Oleh karena itu, perlu usaha semaksimal mungkin, menjalin sinergi, kerja sama dan berkomunikasi dengan semua pihak demi lancarnya pelaksanaan Seleksi Akademik calon peserta PPG ini,” jelas Agustinus.

Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Samodro, sangat mendukung kegiatan PPG tersebut. Dirjen berharap agar pelaksanaan Seleksi Akademik ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Bahkan untuk memastikan kegiatan ini berjalan lancar, Dirjen menugaskan 17 staf Ditjen Bimas Katolik untuk memantau ke beberapa lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. “Saya ingin memastikan proses pelaksanaan PPG berjalan baik dan dapat memperoleh hasil sesuai yang diharapkan,” tegas Bayu.

“Hasil pantauan ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan seleksi akademik di tahun-tahun selanjutnya,” sambungnya.

“PPG Dalam Jabatan ini dapat menjadi pintu gerbang peningkatan profesionalitas dan kesejahteraan para guru Pendidikan Agama Katolik,” demikian ujar Dirjen.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat