androidvodic.com

Lestari Moerdijat Ajak Entaskan Kemiskinan Lewat Penambahan Jumlah Pelaku Wirausaha Nasional - News

News - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong secara konsisten penambahan jumlah wirausaha nasional dalam upaya menekan angka kemiskinan dan mengakselerasi capaian pembangunan di tanah air.

"Sebagai salah satu instrumen untuk mengentaskan kemiskinan, penambahan jumlah wirausaha di tanah air harus terus didorong dan didukung semua pihak," kata Lestari dalam siaran pers yang diterima Tribunnews, Senin (21/8/2023).

Berdasarkan survei World Economic Forum tahun 2019, sebanyak 35,5 persen pemuda usia 15-35 tahun di Indonesia berkeinginan menjadi pengusaha.

Namun, aktivitas kewirausahaan nasional per 2022 masih terbilang rendah, sekitar 3,47 persen. Catatan Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan angka minimal untuk dikategorikan sebagai negara maju memiliki 4 persen wirausaha dari populasi sebuah negara.

Saat ini, rata-rata negara maju memiliki populasi wirausaha antara 10 persen hingga 12 persen.

Baca juga: Lestari Moerdijat Sebut Bonus Demografi Harus Mampu Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Di sisi lain, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 menargetkan tingkat kemiskinan di Indonesia sekitar 6%-7% dan kemiskinan ekstrem mendekati 0% pada 2024. Sedangkan persentase penduduk miskin Indonesia pada Maret 2022 tercatat 9,54%.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, sejumlah upaya untuk menjawab tantangan penurunan angka kemiskinan harus segera dijawab dengan langkah nyata. Salah satunya dengan terus mendorong penambahan jumlah wirausaha di tanah air dengan signifikan.

Menurutnya, berbagai instrumen pendukung dalam upaya mendorong peningkatan jumlah wirausaha harus dipersiapkan dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi yang kuat antar kementerian dan lembaga dalam upaya mendukung penuh realisasi wirausaha muda.

Baca juga: Lestari Moerdijat Dorong Kemampuan Literasi Anak Bangsa untuk Kualitas SDM Nasional yang Lebih Baik

Lebih lanjut ia menambahkan, melalui peningkatan jumlah wirausaha, diharapkan muncul peluang untuk terbukanya lapangan kerja baru yang mampu menjadi salah satu jalan keluar dari ancaman kemiskinan.

Ia berharap, dukungan penuh sistem pendidikan nasional dalam membentuk pola pikir yang menumbuhkan minat kuat para generasi penerus bangsa terhadap dunia wirausaha.

Rerie meyakini dengan kolaborasi dan dukungan kuat semua pihak, bangsa Indonesia dapat segera bangkit menjadi pemenang dalam setiap persaingan di segala bidang.(*)

Baca juga: Antisipasi Dampak El Nino, Lestari Moerdijat: Budayakan Gerakan Hemat Air dan Pelestarian Lingkungan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat