androidvodic.com

Ini Rangkaian Agenda Negara Peserta KTT ke-43 ASEAN di Jakarta - News

News, JAKARTA - Berbeda dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN sebelumnya di Labuan Bajo pada bulan Mei, KTT ke-43 di Jakarta pada 5–7 September 2023 nantinya tidak hanya dihadiri oleh para pemimpin negara anggota ASEAN saja. Beberapa negara-negara non-ASEAN selaku mitra juga akan ikut hadir di Jakarta.

Pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN akan bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. KTT ke-43 ASEAN  akan diikuti oleh 26 negara. Selain negara-negara Asia Tenggara, beberapa negara mitra yang akan bergabung dalam KTT ASEAN seperti Australia, Tiongkok, India, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Rusia, Amerika Serikat, dan Kanada.

Baca juga: Spesifikasi BMW i7, Mobil Listrik untuk Para Kepala Negara di KTT ASEAN 2023

Selain negara-negara mitra, hadir juga perwakilan organisasi internasional seperti PBB, IMF, dan World Bank.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Sidharta R. Suryodipuro, membeberkan Presiden Joko Widodo akan memimpin 12 pertemuan tingkat tinggi pada KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. Pertemuan tersebut bersifat persidangan dalam format plenary dan retreat, di antaranya pertemuan KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok dan KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan.

KTT ASEAN dalam format plenary maupun retreat akan diselenggarakan pada 5 September 2023. Pada hari berikutnya, KTT antara ASEAN dengan negara-negara mitra akan berlangsung hingga 7 September 2023. Pada 7 September 2023, KTT Asia Timur dan KTT ASEAN Plus Three juga akan digelar.

Baca juga: Kementerian Perhubungan Bakal Berlakukan Ganjil Genap saat Gelaran KTT ASEAN di Jakarta

Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan memimpin sejumlah acara yang bersifat nonpersidangan, seperti pembukaan KTT-43 ASEAN, pembukaan ASEAN-Indo-Pacific Forum, gala dinner, social events, serta upacara penutupan sekaligus penyerahan keketuaan ASEAN kepada Laos.

“Selain itu rangkaian KTT nanti juga akan menjadi ajang berbagai pertemuan bilateral di antara para pemimpin yang hadir,” kata Sidharta. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat