androidvodic.com

Hadiri Sidang Pleno MA, Siti Fauziah Sebut Kemajuan Kinerja MA Dorong Motivasi MPR untuk Berprestasi - News

News - Plt Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah menghadiri acara Sidang Pleno Istimewa Mahkamah Agung (MA) dengan agenda penyampaian Laporan Tahunan (Laptah) MA Tahun 2023, di ruang Plennary Hall Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Dalam acara tersebut, turut hadir Presiden RI Joko Widodo, Ketua MA Prof. Dr. Syarifuddin, SH, MH, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, para Ketua Kamar MA, Hakim Agung, Hakim Adhoc, para Ketua Mahkamah Agung dari Malaysia, Singapura, Kuwait, Wakil Ketua MA Qatar, Delegasi Sudan, Australia, China dan Rusia.

Selain itu, juga dihadiri Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan para Pimpinan serta anggota lembaga-lembaga negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, para duta besar negara sahabat, para purnabakti pimpinan MA dan para Ketua Pengadilan Tingkat Banding, Ketua Pengadilan Tingkat Pertama, dan undangan lainnya.

Baca juga: Siti Fauziah: MPR Berpartisipasi dalam Pameran Kampung Hukum, Perkenalkan Kelembagaan hingga Program

Dalam kesempatan itu, Siti Fauziah mendengarkan pemaparan Ketua MA Prof. Dr. Syarifuddin, SH, MH saat menyampaikan Laporan Tahunan MA Tahun 2023.

“Saya menyimak banyak sekali kemajuan dari kinerja MA, yang bisa menjadi tolak ukur juga motivasi bagi MPR untuk juga bergerak maju meraih prestasi,” ujarnya.

Ada satu poin penting digarisbawahi Siti Fauziah, yang menjadi tolak ukur kemajuan kinerja MA, yakni kesiapan MA dalam menghadapi era globalisasi. Terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi di era digital saat ini dan ke depan. Seperti penerapan Sistem Peradilan Pidana Terpadu berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI) dan aplikasi elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-BERPADU) yang dikembangkan putera-puteri Indonesia di MA.

“Hal tersebut memacu MPR untuk meningkatkan kemampuan teknologi informasinya, yang sekarang sedang dibangun dan berproses menuju kualitas yang lebih baik. Sebab, memang sudah menjadi tuntutan zaman, semua berbasis teknologi digital yang harus diikuti agar tak tertinggal,” paparnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI Sebut Keterwakilan Perempuan di Parlemen Harus Konsisten Ditingkatkan

Siti Fauziah mengungkapkan, dengan tujuan ingin membangun kinerja MPR yang lebih baik itulah, ia kerap menghadiri berbagai acara yang memberikan pencerahan serta wawasan baru dan segar, untuk pengembangan organisasi, seperti kegiatan Sidang Pleno Istimewa MA ini.

Usai acara berlangsung, Siti Fauziah mendampingi Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad meninjau booth MPR RI, di acara Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung yang dilaksanakan sejak tanggal 19 hingga 20 Februari 2024.

Ia menyebut Fadel Muhammad memberi tanggapan yang baik dan positif saat meninjau, terutama saat menjelaskan keikutsertaan MPR di ajang pameran Kampung Hukum.

Baca juga: Lantik Pejabat Setjen MPR, Siti Fauziah Dorong Peningkatan Integritas dan Komitmen

Siti Fauziah juga menjelaskan, respon dan ketertarikan peserta pameran yang mayoritas para hakim dan yang berkecimpung di dunia hukum ini cukup besar. Mereka sangat tertarik dengan produk-produk hukum keluaran MPR, dan cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh para peserta. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat