androidvodic.com

Lestari Moerdijat: Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab Setiap Anak Bangsa Harus Diwujudkan - News

News - Membangun karakter yang tangguh pada setiap generasi muda Indonesia adalah langkah penting untuk mewujudkan kemandirian dan rasa tanggung jawab, yang akan membekali mereka menghadapi tantangan masa kini dan mendatang dengan lebih baik.

"Karakter kemandirian dan tanggung jawab setiap anak bangsa harus mampu diwujudkan sebagai bagian mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dalam menghadapi tantangan berbangsa dan bernegara di masa depan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/6).

Menurut survei CareerBuilder tahun 2021, Generasi Z cenderung berpindah pekerjaan dengan rata-rata durasi dua tahun tiga bulan dalam satu posisi. Hal itu lebih singkat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Kondisi tersebut makin diperburuk dengan adanya upaya penyelamatan orang tua yang terus bekerja keras agar mereka yang sebetulnya sudah bisa mandiri tetap bisa makan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023, dari total 44,47 juta penduduk Indonesia yang berusia 15-24 tahun, sebanyak 9,9 juta atau sekitar 22,25 persen tidak melakukan aktivitas yang produktif.

Baca juga: Lestari Moerdijat Sebut Aturan Perundangan Harus Lindungi Warga Negara dari Tindak Kekerasan Seksual

Menurut Lestari, sejumlah catatan yang memperlihatkan indikasi rapuhnya Gen Z dalam menghadapi sejumlah tantangan tersebut, membutuhkan langkah segera untuk membangun karakter generasi muda agar memiliki kemandirian dan tanggung jawab yang tinggi.

Rerie, sapaan akrab Lestari mendorong agar para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah segera mempersiapkan sejumlah langkah yang terukur untuk meningkatkan produktivitas generasi muda.

Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu sangat berharap keinginan kuat untuk membangun kualitas generasi penerus bangsa menjadi lebih baik, harus menjadi kepedulian bersama.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menekankan bahwa bangsa Indonesia hanya akan mampu meraih kemenangan dalam berbagai kompetisi di masa depan jika memiliki generasi penerus yang berkualitas dan memiliki karakter kuat. (*)

Baca juga: Lestari Moerdijat Ajak Masyarakat Wujudkan Pola Hidup Sehat Demi Masa Depan Bangsa yang Lebih Baik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat