androidvodic.com

Libur Sekolah Road Trip ke Jawa Tengah, Simak Itinerary Ini! - News

News - Memasuki masa libur sekolah ini, kamu udah punya rencana jalan-jalan belum? Kalau belum, nih coba cek rekomendasi dan itinerary road trip bareng keluarga untuk liburan yang penuh kenangan!

Jika kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa melakukan road trip ke Jawa Tengah dengan mendatangi daerah-daerah ini.

1. Hari Pertama - Cirebon dan Tegal

Setelah berkendara sekitar 3 jam dari Jakarta, kamu akan tiba di Kota Cirebon. Kalau kamu tiba di waktu makan siang, langsung aja cari kuliner khas Cirebon, seperti nasi jamblang, empal gentong, tahu gejrot, dan lainnya. Jangan lupa beli cemilan untuk bekal perjalanan selanjutnya ya, Sob.

Usai mengisi perut, kamu bisa mengeksplor Cirebon sebentar. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Keraton Kasepuhan Cirebon yang merupakan peninggalan kerajaan cirebon.

Letak Keraton Kasepuhan berada di kelurahan Kesepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon. Selain megah, keraton ini memiliki museum benda-benda kuno yang cukup lengkap. Salah satu koleksinya yang terkenal adalah Kereta Singa Barong, kereta kecana Sunan Gunung Jati yang hanya dikeluarkan setiap 1 Syawal untuk dimandikan.

Usai singgah di Cirebon, perjalanan berlanjut ke timur sejauh 80km menuju kota Tegal. Sambil keliling kota, kamu bisa jajan tahu pletok khas Tegal dan menikmati sepiring kupat glabed yang gurih. Aneka kuliner nasi yang wajib kamu coba di tegal adalah nasi langgi, nasi lengko, nasi bogana, dan nasi ponggol. Tegal juga dapat menjadi tempat peristirahatan pertama kamu Dan keluarga untuk melanjutkan perjalanan esok harinya

2. Hari kedua dan Ketiga - Pekalongan dan Semarang

Kamu siap melanjutkan perjalanan hari kedua? Jarak dari Tegal ke Pekalongan ditempuh kurang lebih sejauh 80 km atau sekitar 2 jam. Setibanya di Pekalongan, kamu bisa berkunjung ke Museum Batik. Museum ini memiliki lebih dari 1.000 koleksi batik, mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Sesuai nama Kota Batik yang disandangnya, ada begitu banyak sentra batik di Pekalongan yang bisa kamu kunjungi. Beberapa yang paling populer antara lain adalah International Batik Center (IBC), Pasar Grosir Setono, dan Pasar Banjarsari.

Setelah puas belanja batik, ayo gas lagi ke perjalanan selanjutnya, Semarang. Jaraknya lebih jauh, berkisar 100 km dari kota Pekalongan. Kamu dapat menentukan tempat istirahat selanjutnya di sini. Tenang, beragam hotel di Semarang dan harganya bisa kamu pilih sesuai budget.

Di Semarang, Kamu dapat mengunjungi Dusun Semilir yang jadi objek wisata terpopuler hingga kini. Salah satu daya tariknya terletak di interior dan eksterior bangunan unik.

Bangunan Dusun Semilir dibuat menyerupai stupa pada Candi Borobudur berbahan dasar kayu. Di dalamnya, terdapat banyak wahana seru untuk dicoba, salah satunya yang paling ikonik adalah perosotan pelangi dan aktivitas naik perahu ala Eropa.

Selain Dusun Similir, kamu bisa mengunjugi Kota Lama Semarang yang menjadi kawasan ikonik di kota ini. Sesuai namanya, terdapat banyak bangunan bergaya Eropa tempo dulu yang masih kokoh. Selain berfoto, aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini adalah bersepeda dan hunting kuliner di sekitar kawasan. Adapun rekomendasi spot yang wajib dikunjungi ialah Gereja Bleduk yang estetik.

3. Hari Keempat - Borobudur

Candi Borobudurwdaesvbf n
Candi Borobudur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat