androidvodic.com

Perkuat Ekonomi Jakarta, Pj Gubernur Heru Sambangi Pelaku UMKM di Muara Angke - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau sentra UMKM di Muara Angke, Jakarta Utara. Ia mengharapkan, ekonomi Jakarta semakin kuat dan tumbuh berkembang seiring dengan banyaknya pelaku UMKM yang sudah naik kelas.

Heru juga mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan pemberdayaan UMKM untuk terus melakukan terobosan dan membangun sinergi antar sektor, demi mewujudkan Jakarta sebagai kota global. “Kami mendorong agar lebih banyak lagi UMKM yang naik kelas dan meningkatkan penjualan produk dalam negeri,” ucapnya, pada Kamis (14/9/2023).

Pada kesempatan ini, Heru Budi Hartono juga mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Angke, untuk melihat proses bongkar ikan hasil tangkapan dan menyaksikan lelang ikan. Ia pun sempat bertemu dan berbincang dengan para peserta lelang dan nelayan.

Baca juga: Cuaca Jabodetabek Besok - BMKG: DKI Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan Ringan pada 16 September 2023

Bodytext Pj Gub Jkt siang
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berbincang dengan peserta lelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (14/9/2023).

Setelah itu, Heru melanjutkan kunjungan ke Rumah Pangan Masyarakat Pesisir untuk meninjau lokasi Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional (PHPT). Di sini, ia berdialog dengan komunitas Rumah Aman Perempuan binaan Yayasan Sahabat Hati Bunda (SHB), komunitas pengolah ikan, dan Komunitas Mangrove Muara Angke (Komma).

Pj Gubernur Heru juga memberikan bantuan fasilitas untuk UMKM dan menyerahkan secara simbolis kunci Rumah Pangan Masyarakat Pesisir. Rumah pangan ini akan menjadi pusat pembinaan UMKM dan kegiatan pendampingan masyarakat kawasan Muara Angke yang dibina Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) dan Yayasan SHB.

Ia berharap, bantuan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta ini bisa menggerakkan perekonomian masyarakat pesisir. “Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat, supaya ekonomi mereka bisa mandiri, untuk menambah masukan bagi masing-masing keluarga,” katanya.

Baca juga: Luhut Minta Gubernur DKI Jakarta Periksa Seluruh Kendaraan Dinas

Bantuan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta ini pun mendapat apresiasi dari Direktur Eksekutif Yayasan SHB, Melny Nova Katuuk. Ia mengharapkan, bantuan ini bisa membuat UMKM naik kelas, sehingga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat pesisir.

“Kami bersyukur ada intervensi dari Pemprov DKI dan kunjungan Pj Gubernur DKI Pak Heru memberikan kepada kami bantuan. Intervensi kecil ini dapat membuat para pelaku UMKM masyarakat pesisir Muara Angke lebih produktif lagi untuk mengembangkan produk mereka menjadi bermutu, berkualitas, dan lebih baik lagi,” tuturnya.

Tentang Yayasan Sahabat Hati Bunda

Yayasan Sahabat Hati Bunda (SHB) merupakan lembaga yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat marjinal, khususnya bagi kaum perempuan. 

“Kami sudah melakukan karya karitatif sejak delapan tahun lalu. Kegiatan tersebut meliputi intervensi terhadap kebencanaan di sekitar wilayah DKI Jakarta, seperti banjir dan Covid-19,” ucap Direktur Eksekutif Yayasan SHB, Melny Nova Katuuk.

Awalnya, pelayanan Yayasan SHB hanya bersifat responsif. Namun, visi dan misi yayasan ini bergeser setelah pandemi Covid-19 melanda pada 2020 lalu.

Baca juga: Tak Ingin UMKM Didominasi Sektor Kuliner, Menkop UKM Teten: Tidak Lahirkan Ekonomi Baru

Akibat pandemi Covid-19, tingkat kemiskinan warga Jakarta meroket. Yayasan SHB yang tadinya memberi pelayanan bersifat responsif kini menjadi mitigasi.

Terkini Lainnya

  • Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau sentra UMKM di Muara Angke, Jakarta Utara untuk melihat perkembangan UMKM yang sudah naik kelas.

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat