androidvodic.com

Luhut Minta Gubernur DKI Jakarta Periksa Seluruh Kendaraan Dinas - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Mengatasi polusi udara di wilayah Jabodetabek, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, meminta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dinas.

"Saya minta pak Heru untuk memeriksa seluruh kendaraan instansi, baik pemerintah, TNI, Polri, untuk semua diperiksa. Agar tidak ada di jalan yang asapnya keluar, karena sekecil apapun itu berpengaruh, berkontribusi," tutur Luhut dalam Seminar Nasional Ikaxa, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Baca juga: Polusi Udara di Jakarta Bikin Penjualan Alat Pengujian Kualitas Udara Meroket

Selain itu, Luhut mengungkap pemerintah bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan modifikasi cuaca dengan cara water mist spraying menggunakan pesawat.

"Kita buat pesawat terbang itu untuk mengikat polutannya. Itu yang paling cepat (atasi polusi), tapi itu sifatnya temporary," jelasnya.

Langkah paling utama yang bisa dilakukan untuk menurunkan emisi gas buang ialah beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak ke listrik.

Selain itu, untuk bisa mengatasi permasalahan polusi udara juga perlu mengatasi permasalahan lahan kritis dan sampah-sampah.

"Pemerintah telah menyediakan pembakaran generator sampah di setiap kecamatan, sehingga sampah tersebut tidak cepat masuk ke Bantar Gebang," ucap Luhut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat