androidvodic.com

Kompak Ikut Kerja Bakti, Warga Apresiasi Kesigapan Pemprov DKI dan Pj Gubernur Heru Hadapi Banjir - News

News - Haji Madani, seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan menilai positif langkah-langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bawah komando Penjabat (PJ) Gubernur Heru Budi Hartono dalam menghadapi musim penghujan dan ancaman banjir.

"Kasih Jempol dah, selokan (saluran air) rapi, kali dikerukin terus, warganya juga siap kompak gotong royong. Demen kalau pemimpinnya tukang kerja. Pak Heru jangan cuma jadi PJ deh, langsung jadi gubernur saja," kata Madani, Minggu (19/11/2023).

Seperti diketahui, hari minggu pertengahan November 2023 ini suasana keakraban masyarakat Jakarta terlihat kental pada kegiatan "Bakti Kita untuk Jakarta" yang digagas oleh Pemprov DKI.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak semua warga agar terlibat aktif menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga: Ketum PITA Apresiasi Langkah Pj Gubernur Heru Gelar Kerja Bakti Massal

"Zaman dulu gotong royong tuh bukan cuma buat kerja, tapi warga bisa ketemu guyub, saling nyicipin tentengan (makanan), kompak jadinya. Nah sekarang? Boro-boro kan, muda-mudi, bocah lebih suka main handphone mulu. Jadi ini bagus nih Pak Heru, semangatin terus warganya, kalau perlu programnya tiap minggu dah kaya dulu," tegasnya.

Madani menilai, seberapa bagus pun infrastruktur pengendali banjir tidak akan bertahan lama kalau tidak disertai dengan kesadaran hidup bersih dan tertib dari masyarakatnya sendiri. Ia pun berpesan agar Heru sering turun lapangan terutama saat terjadi hujan malam hari.

"Sudah bagus kompakin warga. Tapi harus turun jalanlah istilahnya, perhatikan pintu air di malam hari, di kampung yang rawan (banjir), lagi hujan gede malam hari kan, itu cakep kelihatan langsung gak cuma ngandelin laporan anak buah," ungkapnya.

Saat meninjau kegiatan kerja bakti di Jalan RM Djojohadikusumo, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Heru Budi Hartono berpesan agar para ASN yang masih muda dapat meneruskan kegiatan kerja bakti seminggu sekali, yang dulu sering dilakukan para pendahulu mereka.

Baca juga: Atasi Kemacetan, Pemprov DKI Jakarta Ajak Masyarakat Gunakan Tarif Integrasi Transportasi Umum

Kerja bakti yang dimaksud Heru yaitu Silahturahmi Minggu Pagi (SMP). Mulai pukul 06.00, ASN DKI bergerak bersama warga membersihkan kota Jakarta bersama-sama, dimulai dari lingkungan masing-masing.

"Pesan saya untuk ASN yang muda-muda untuk bisa diteruskan kegiatan ini, yang telah dimulai oleh kami saat jadi staf sampai pimpinan, selalu melakukan Silaturahmi Minggu Pagi. Hari ini kita mulai minimal di lingkungan masing-masing," kata Heru. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat