androidvodic.com

Atasi Banjir Jakarta, Pemprov DKI Optimalisasi Sodetan Ciliwung hingga Kerja Bakti Massal - News

News, JAKARTA - Jelang musim hujan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menempuh berbagai upaya untuk mengatasi masalah banjir. Salah satunya dengan kerja bakti serentak di seluruh wilayah ibu kota pada Minggu (19/11/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono memimpin apel pagi kerja bakti massal bertajuk ‘Bakti Kita untuk Jakarta’ di Jalan H. M. Margono Djojohadikoesoemo, Jakarta Pusat. Sekitar 2.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) yang mengikuti apel tersebut.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Heru menjelaskan, kerja bakti massal ini bertujuan untuk memastikan bahwa sungai, waduk, setu, embung, saluran lokal, serta tali air dapat berfungsi optimal.

Baca juga: BREAKING NEWS: Pemprov DKI Jakarta Tetapkan UMP 2024 Sebesar Rp 5.067.381

“Pemprov DKI Jakarta mengharapkan kita semua untuk melakukan kerja bakti dan bergotong royong untuk membersihkan Jakarta. Sungai harus bersih, saluran yang mampet nanti kita bersihkan, dan semua sampah yang dihadapan kita, kita angkut. Semua ini kita lakukan untuk menanggulangi banjir,” ucapnya.

Heru Budi juga menekankan bahwa masalah banjir tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, masyarakat pun disebutnya harus turut andil dalam membersihkan dan menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing.

“Saya mau seluruh warga untuk bertanggung jawab di lingkungan masing-masing. Kita harus bersama membangun Jakarta. Jangan membuat sampah sembarang,” tegasnya.

Orang nomor satu di DKI ini juga mengimbau para ASN untuk melanjutkan program kerja bakti ini minimal seminggu sekali di lingkungan rumahnya masing-masing. “Pesan saya untuk ASN yang muda-muda untuk bisa diteruskan kegiatan ini, yang telah dimulai oleh kami saat jadi staf sampai pimpinan,” tuturnya.

Baca juga: Kompak Ikut Kerja Bakti, Warga Apresiasi Kesigapan Pemprov DKI dan Pj Gubernur Heru Hadapi Banjir

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono menambahkan, ‘Bakti Kita untuk Jakarta’ ini merupakan kegiatan kerja bakti massal yang dilakukan sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap warga dan Kota Jakarta dalam mempersiapkan diri menghadapi musim hujan.

"Kegiatan hari ini dilakukan secara serentak di seluruh kota Jakarta melalui tiga skala, yaitu skala kota, skala kecamatan, dan skala warga. Semua bergotong royong membersihkan saluran air, mulai dari drainase di depan rumah masing-masing sampai ke sungai kanal yang melintasi Jakarta," ujar Sekda Joko.

Bodytext Kilas DKI 2811 pagi
Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono saat memulai kerja bakti massal (19/11/2023).

Optimalisasi Sodetan Ciliwung

Optimalisasi Sodetan Ciliwung terus dilakukan untuk meminimalkan banjir yang selama ini jadi momok bagi warga Jakarta saat musim hujan tiba. Evaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) juga dilakukan untuk memastikan Sodetan Ciliwung dapat beroperasi dengan baik.

Sodetan yang berlokasi di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada 31 Juli 2023 lalu. Sodetan Ciliwung dilengkapi beragam fasilitas pendukung, seperti kafetaria, plaza air mancur, panggung kreasi, gym terbuka, toilet umum, taman bermain, hingga jembatan inspeksi yang melintas di atas jalur Sodetan Ciliwung.

Selain itu, terdapat pula Pusat Pengendali Banjir dan rumah genset yang berfungsi sebagai pemantau banjir di Jakarta. Saat meresmikan Sodetan Ciliwung, Presiden Jokowi mengungkapkan, pembangunan sodetan yang memakan waktu hingga belasan tahun ini bisa mengatasi masalah banjir di enam kelurahan.

Baca juga: Cuaca Jabodetabek Hari Ini - DKI Jakarta, Bogor, Bekasi Diguyur Hujan pada Selasa, 28 November 2023

“Urusan Sodetan Ciliwung ini sudah bertahun-tahun, hampir sebelas tahun (pembangunan). Hari ini, Alhamdulillah, selesai, Ini bisa menyelesaikan paling tidak enam kelurahan tidak banjir lagi,” jelas Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat