androidvodic.com

Tips Jaga Kulit Tetap Sehat di Tengah Polusi Udara yang Semakin Buruk - News

News, JAKARTA -- Dokter spesialis kulit, kelamin, dan estetik Dr. Arini Astasari Widodo, MS, SpKK membagikan tips untuk menjaga kesehatan kulit di tengah polusi udara yang semakin memburuk belakangan ini.

Diketahui, tingkat pencemaran udara di Ibu Kota mencapai angka 167, masuk dalam kategori tidak sehat beberapa hari terakhir ini.

Tipsnya meliputi rutinitas perawatan kulit yang mencakup membersihkan kulit, melembabkan, dan melindungi kulit dari faktor-faktor di lingkungan. 

FOTO DOK./ Polusi udara terlihat di langit Jakarta, Senin (3/9/2018).
FOTO DOK./ Polusi udara terlihat di langit Jakarta, Senin (3/9/2018). (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Ia mengingatkan, penting untuk selalu membersihkan kulit apalagi untuk orang yang tinggal di perkotaan.

"Membersihkan kulit secara teratur, terutama di lingkungan perkotaan, dapat membantu menghilangkan polutan yang terakumulasi pada kulit,"kata dia kepada wartawan, Rabu (14/6/2023).

Selain itu, gunakan produk yang kaya antioksidan untuk merawat kulit.

"Anti oksiden dapat memberikan pertahanan terhadap efek merugikan polusi dengan membantu dalam menetralkan radikal bebas dan mengurangi peradangan," ujar dokter lulusan Harvard Medical School ini.

Sementara untuk melindungi kulit dari dampak gabungan polusi dan radiasi UV, dr. Arini menekankan pentingnya mengadopsi rutinitas perawatan kulit yang komprehensif dan langkah-langkah pencegahan. 

Ini termasuk penggunaan tabir surya spektrum luas secara teratur, yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, serta penggunaan produk perawatan kulit yang kaya antioksidan untuk membantu menetralkan radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Efek Polusi Udara pada Kesehatan Kulit yang Perlu Diwaspadai

Selain itu, saat berada di luar rumah usahakan mencari tempat teduh, menggunakan pakaian pelindung, dan membatasi aktivitas di luar ruangan saat UV indeks sedang tinggi. 

"Menerapkan praktik gaya hidup sehat seperti hidrasi yang cukup, diet seimbang, dan olahraga teratur juga dapat mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan dan meningkatkan ketahanan terhadap stres lingkungan," ujar dermatologist Klinik Dermalogia ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat