androidvodic.com

Contoh Teks Khutbah Jumat, 25 Agustus 2023: Cara Peduli Lingkungan dan Menjaga Kelestariannya - News

News - Contoh khutbah Jumat tentang cara peduli lingkungan dan menjaga kelestariannya.

Naskah khutbah Jumat dalam artikel ini berkaitan dengan masalah lingkungan yang akhir-akhir ini melanda di sejumlah daerah.

Dalam khutbah Jumat tentang peduli lingkungan ini, ditekankan sebagai warga negara hendaknya menumbuhkan kesadaran mencintai alam serta lingkungan sekitar.

Khotib dapat menyampaikan tentang menjaga lingkungan dan kelestariannya sehingga juga dapat dinikmati di masa depan.

Adapun contoh teks khutbah Jumat bertema cinta lingkungan ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada hari ini, Jumat (25/8/2023).

Berikut contoh khutbah jumat cara peduli lingkungan, melansir dari laman Menlhk, berikut ini.

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat, 25 Agustus 2023: Spirit Kepahlawanan dalam Mengisi Kemerdekaan

Dakhwah dan Lingkungan Hidup

Khutbah Pertama

Hadirin rahimakumullah, sidang jum’at yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah menghiasi dunia ini dengan hutan dan pepohonan, tanaman dan mata air, satwa liar dan binatang ternak.

Begitu juga Allah anugrahkan kekayaan bumi serta isinya yang membuat manusia beserta makhluk lain nya bisa hidup dan saling mengasihi karena sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada manusia lainnya.

Rasulullah saw bersabda: “Orang – orang yang penuh kasih sayang (di muka bumi) akan disayangi oleh Allah yang maha Penyayang. Kasihanilah makhluk yang di bumi, maka kalian akan dikasihani yang di langit. (HR. Tirmidzi)

Dalam hadits lain Rasulullah saw bersabda: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia lainnya.”
Sholawat dan salam semoga tercurah atas junjungan Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan keluarganya yang telah memberikan contoh dan teladan bagi kehidupan ummat manusia menuju jalan cahaya yang terang benderang. Kemudian marilah kita tingkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, sebagai upaya memperoleh kebahagiaan yang abadi dan kebaikan yang hakiki di dunia dan akhirat. Amin ya Robbal ‘alamin.

Hadirin rahimakumullah, sidang jum’at yang berbahagia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat