androidvodic.com

Aman untuk Bumil, Susu Kental Manis Bukan Susu Biasa - News

News - Sejak tahun 1922, susu kental manis telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari ragam kuliner Tanah Air. Berkat cita rasa nikmat yang dimilikinya, produk bertekstur kental dan padat ini kerap diandalkan sebagai bahan pelengkap untuk menyempurnakan kelezatan berbagai hidangan. 

Namun, di balik manfaat susu kental manis tersebut, masih terdapat anggapan yang mengatakan bahwa susu kental manis bukan susu. Tak sedikit pihak yang meyakini bahwa susu kental manis sama sekali tidak mengandung susu, sehingga muncul keraguan di benak masyarakat untuk mengonsumsi bahan serbaguna ini, termasuk ibu hamil.

Padahal, anggapan bahwa susu kental manis bukan susu sangatlah keliru. Perlu diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menegaskan bahwa susu kental manis adalah produk yang mengandung susu dan tergolong dalam kategori susu.

Lebih lanjut, merujuk dari Codex Alimentarius Commission (CAC) dan Peraturan Kepala BPOM Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan disebutkan bahwa  susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kekentalan tertentu. 

Jika melihat proses pembuatannya, terbukti bahwa anggapan susu kental manis bukan susu itu kurang tepat. 

Susu kental manis terbuat dari susu sapi segar yang sebagian kandungan airnya diuapkan, lalu diberi tambahan gula hingga konsentrasinya mencapai 62 persen. Setelahnya, susu diuapkan menggunakan evaporator vakum dengan tekanan 47 mmHg dan suhu 51 derajat celcius hingga tingkat kekentalan mencapai 70 - 80 persen bahan kering dan kadar air tersisa 20 - 30 persen. 

Dengan begitu, anggapan bahwa susu kental manis bukan susu kuranglah tepat, sehingga produk susu ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan cocok dijadikan sebagai bahan serbaguna pelengkap hidangan.

Aman dikonsumsi ibu hamil

Seperti diketahui, dalam proses pembuatannya susu kental manis mengandung tinggi gula sehingga memiliki rasa yang manis. Karenanya, muncul pertanyaan bolehkah ibu hamil mengonsumsi susu kental manis? Jawabannya, tentu saja boleh.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter yang menyebutkan bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi susu kental manis asalkan tidak rutin dan tidak secara berlebihan. 

dr. Dyah juga menyarankan agar ibu hamil hanya menggunakannya sebagai bahan pelengkap atau topping untuk membuat hidangan makin nikmat dan tidak diminum langsung dengan cara dilarutkan dengan air, yang mana hal ini sejalan dengan anjuran BPOM. 

Jadi, hindari untuk menyajikan produk susu bertekstur kental dan padat ini sebagai hidangan tunggal seperti susu, ya Bu!

Selain menambah kelezatan makanan dan minuman, ada berbagai manfaat susu kental manis yang bisa ibu hamil dapatkan, antara lain mengandung kalori (130 kkal per saset) yang dapat bantu penuhi kebutuhan energi harian. 

Meskipun begitu, ibu hamil juga tetap harus mengonsumsi makanan bergizi serta mengonsumsi susu khusus ibu hamil guna melengkapi nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan, ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat