androidvodic.com

Bukan Sekadar Gaya, Ini Alasan Mengapa Remaja Perlu Pakai Sunscreen - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA -- Merawat kulit dengan skincare terutama sunscreen bukanlah sekadar ajang gaya-gayaan atau adu kecantikan semata.

Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang harus dilindungi dari bahaya paparan sinar ultraviolet (UV).

Berdasar fakta yang ada bahwa Indonesia adalah negara tropis yang diberi limpahan sinar matahari sepanjang tahun, dibutuhkan pemahaman seputar sunscreen sejak dini. 

Sinar ultraviolet adalah sinar matahari dengan panjang gelombang 10- 400 nm, yang dalam beberapa hal bisa bermanfaat untuk membunuh bakteri dan menyintesis vitamin D. 

Namun, sinar UV juga dapat merugikan jika kulit manusia terpapar terlalu lama. Hal ini dijelaskan oleh dokter dari klinik kecantikan Ms Glow yang hadir sebagai narasumber Glow to School di SMK Taman Siswa 1 Jakarta, dr Prima Bachrul Alam, dalam kegiatan baru-baru ini.

“Kulit anak dan remaja lebih sensitif dan rentan kerusakan akibat sinar UV," kata dr Prima.

Sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan keriput serta flek hitam. Sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar. 

Jika kulit sering terkena radiasi kedua sinar tersebut, risiko terkena kanker kulit pun semakin besar.

Selain itu, efek paparan sinar UV bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sunscreen ialah produk yang dapat digunakan sebagai penyaring sinar radiasi UVA dan UVB dan baik untuk digunakan secara rutin setiap hari

Ditambahkan Founder Ms Glow, Shandy Purnamasari mengatakan, perlu meningkatkan edukasi terhadap sebagian masyarakat Indonesia terutama remaja terhadap fungsi skincare khususnya sunscreen.

Baca juga: Apa Itu Danasone? Berikut Penjelasan Lengkap Obat yang Biasa Dipakai untuk Alergi Kulit Tersebut

Shandy menyebut, selama ini masih banyak yang salah kaprah antara skincare dan kosmetik, kerapkali skincare dianggap sebagai hal yang gaya-gayaan padahal justru fungsinya adalah melindungi kulit dan tubuh dalam jangka panjang.

"Sekolah memang bukan ajang adu kecantikan dengan make-up tebal, namun sangat penting bagi generasi muda untuk menyadari betapa pentingnya perawatan kulit agar tetap sehat. Glow to School bertujuan untuk mengedukasi generasi muda tentang skincare, khususnya penggunaan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar ultraviolet," tutur Shandy.

Rangkaian kegiatam dimulai pada awal Februari di area Jawa Timur yakni SMAN 15 Surabaya, SMAN 4 Malang, SMKN 3 Malang, dan SMAN 7 Kediri.
Sunscreen dapat melindungi kulit termasuk mencegah kerusakan seperti penuaan dini, munculnya bintik coklat hingga peningkatan resiko kanker kulit. 

Sunscreen juga bisa menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering. Beberapa faktor hendaknya diperhatikan seperti kandungan sun protection factor (SPF) dalam produk sunscreen. SPF lazim tercantum di label kemasan, dimana biasanya SPF 15 hanya bisa menahan 93 persen radiasi sinar UVB selama 2,5 jam di luar ruangan; sedangkan SPF 30 mampu menahan 97 persen radiasi dengan tingkat ketahanan mencapai lima jam. 

Sementara SPF 50 mampu menahan sinar UV hingga delapan jam. Perusahaan kecantikan asal Malang ini memiliki produk sunscreen yang aman dengan manfaat perlindungan yang bisa dipakai di usia remaja bahkan untuk usia anak dan juga ibu hamil/menyusui.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat