androidvodic.com

Tertarik dengan Perhiasan Wanita? Ketahui Dulu Bedanya Karat Emas dan Carat Berlian! - News

News - Bagi kaum perempuan, tampil cantik dan menawan adalah hal yang utama. Tak heran jika berbagai upaya dilakukan guna meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya dengan mengenakan busana yang indah.

Namun, terkadang outfit yang sudah pas rasanya tak lengkap tanpa sentuhan elegan dan mewah yang terpancar dari kilau perhiasan wanita, seperti liontin, cincin, dan anting. Inilah mengapa perhiasan emas dan berlian disebut sebagai investasi penampilan (beauty investment) bagi para perempuan, dari anak muda hingga orang dewasa.

Tak hanya itu, perhiasan wanita juga bisa menjadi identitas tersendiri bagi yang mengenakannya. Karenanya, memilih perhiasan yang tepat adalah keputusan yang perlu dipertimbangkan dengan cermat.

Apa perbedaan antara karat emas dan carat berlian?

Membeli perhiasan emas dan berlian untuk pertama kali mungkin akan terasa membingungkan. Pastinya ada banyak pertanyaan di benakmu, mulai dari jenis perhiasan seperti apa yang cocok hingga di mana kamu harus membelinya.

Nah, salah satu trik untuk memilih jenis perhiasan wanita yang tepat adalah dengan mengenal terlebih dahulu perbedaan antara karat emas dan carat berlian. Memang apa sih perbedaannya?

Mengutip dari Kompas.com, karat adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemurnian emas yang dipadukan dengan bahan logam lainnya. 

Sebagai informasi, emas dalam bentuk perhiasan tidaklah 100 persen emas murni, melainkan campuran antara Emas (Au) dan Silver (Ag), bahkan ada juga yang dicampur dengan Tembaga (Cu), Seng (Zn), dan Paladium (Pd). Perpaduan inilah yang membuat perbedaan pada hasil akhir perhiasan emas, seperti emas kuning, emas merah (rose gold), dan emas putih.

Pencampuran emas murni dengan beberapa jenis logam pun bukan tanpa alasan. Dilansir dari Bullion by Post, dikatakan bahwa emas murni adalah logam mulia yang sangat lunak. Maka dari itu, agar bisa digunakan sebagai perhiasan yang memiliki daya tahan dan tingkat kekerasan yang tinggi, emas harus dicampur dengan logam lain. Makin tinggi proporsi logam lain dalam sebuah perhiasan emas, maka makin keras pula campurannya.

Berbicara tentang kandungan emas pada perhiasan, emas murni tanpa campuran apapun memiliki kadar karat sebesar 24k. Umumnya, kadar karat pada perhiasan emas terdiri dari 9k, 10k, 14k, 18k, dan 22k. Perlu diketahui, makin tinggi persentase kandungan emasnya, maka makin tinggi pula harga perhiasannya. 

Perhiasan emas 9k memiliki kandungan emas sebesar 37,5 persen. Kemudian perhiasan emas 10k terdiri dari 41,6 persen emas; 14k memiliki kadar karat sebesar 58,3 persen; 18k mengandung 75 persen emas; dan 22k memiliki kandungan emas sebesar 91,6 persen.

Sementara itu, carat berlian dapat didefinisikan sebagai satuan untuk mengukur berat sebuah batu berlian. Tentunya, ukuran carat pada berlian berbeda dengan emas yang menggunakan karat sebagai penanda kemurniannya.

Pada batu permata yang satu ini, makin besar berlian maka makin tinggi karatnya dan makin mahal pula harganya. Hal ini pun harus dilihat dari indikator lain seperti clarity (kejernihan), cut (potongan), dan colour (warna).

Baca juga: Rekomendasi Hadiah untuk Imlek, Ada Kue Keranjang Hingga Perhiasan Berlian!

Temukan perhiasan emas dan berlian favorit di gerai The Palace Jeweler

Sudah paham perbedaan antara karat emas dan carat berlian? Saatnya temukan perhiasan wanita dambaanmu di The Palace Jeweler!

Sebagai #NationalJeweler, gerai perhiasan wanita yang satu ini mengusung tagline 3T, yaitu #Therlengkap, #Therjamin, dan #Therjangkau.

Dengan konsep megastore perhiasan “one stop shopping destination”, The Palace Jeweler menyediakan beragam koleksi perhiasan Therlengkap yang di satu lokasi, sehingga kamu tidak harus mencari ke gerai perhiasan emas lainnya. 

Mulai dari perhiasan emas, zircon, berlian dari warna D hingga J serta kejernihan: Flawless (F), Very Very Slightly Included (VVS), Very Slightly Included (VS), serta batu mulia (Sapphire, Emerald, Ruby), semuanya ada di 59 gerai The Palace Jeweler yang tersebar di seluruh Indonesia.

Salah satu koleksi yang bisa kamu pertimbangkan adalah perhiasan berlian ilusi, yang ukurannya tidak terlalu besar namun tetap terlihat mewah saat dikenakan. 

Koleksi terbaru dari The Palace Jeweler ini menggunakan setting ilusi yang dapat membuat diamond terlihat lebih besar dan berkilau. 

Sesuai dengan tagline Therjamin yang diusung The Palace Jeweler, koleksi perhiasan berlian ini terjamin kualitasnya, terlebih dengan penggunaan berlian grade H VS dan terbuat dari 18 karat dengan level 75,5 persen yang tersedia dalam material gold, white gold, dan rose gold, ditambah lagi sudah bersertifikasi SNI 8080:2020.

Tak ketinggalan, bagi anak muda yang mencari perhiasan berlian Therjangkau, The Palace Jeweler juga menghadirkan koleksi MOELA, perhiasan berlian dengan harga terjangkau mulai dari Rp888 ribu dengan desain kekinian dan stylish

Baca juga: Hadirkan Koleksi Perhiasan Berlian Berkualitas, Frank & co. Buka Gerai Baru di AEON Mall Deltamas

Untuk yang mencari perhiasan emas, Lini Frank Gold yang terbuat dari material premium dengan menggunakan teknologi Italia terbaru bisa jadi pilihan untukmu!

Dengan desain klasik yang stylish dan elegan, lini Frank Gold hadir dengan pilihan terbaru yaitu 6 pasang desain anting-anting geometric dari Geometric Collection berupa hoop earrings 18k gold. 

Untuk menjamin kadar emas yang tepat pada setiap perhiasannya, The Palace Jeweler juga menyediakan layanan pengetesan kadar  emas  dengan alat yang modern dan akurat yaitu Karatimeter, sebuah mesin pengetesan kadar emas pertama di Indonesia yang memberikan jaminan kadar emas pasti pas.

Guna mempermudah para pelanggannya untuk mendapatkan perhiasan emas dan berlian Therlengkap, Therjangkau, Therjamin, The Palace Jeweler telah membuka gerai perhiasan emas terbarunya di The Park Semarang, The Park Kendari, Living World Bali, Summarecon Village Karawang, Cibinong City Mall, Pakuwon Mall Solo, Lippo Mall Kemang, Bandung Indah Plaza, dan Malang Town Square.

Untuk melihat koleksi lain dari #ThePalaceJeweler serta mengetahui lebih lanjut tentang 3T dan beragam perhiasan emas, yuk follow akun Instagram @thepalace_id dan Tiktok thepalacejeweler, kunjungi situs resmi The Palace Jeweler, atau langsung saja berkunjung ke gerai The Palace terdekat di kotamu! 

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat