androidvodic.com

Stres Picu Masalah Kesehatan, Penting Berlibur untuk Kurangi Risiko - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Willem Jonata

News - Stres meningkatkan kadar hormon tertentu, seperti kortisol dan adrenalin. Jika dibiarkan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Studi yang dirilis oleh American Psychological Association menyimpulkan waktu istirahat membantu mengurangi stres dengan menjauhkan orang dari aktivitas dan lingkungan yang mereka kaitkan dengan kecemasan.

Oleh karenanya, penting berlibur secara teratur dapat membantu mengurangi risiko sindrom metabolik—sekumpulan masalah kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak perut, dan kadar kolesterol abnormal.

Baca juga: Liburan di Surga Tersembunyi, 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Ini Wajib Masuk Bucket List!

Peneliti menemukan mereka yang lebih rutin meluangkan waktu berlibur cenderung tidak memenuhi kriteria diagnosis sindrom metabolik.

Setidaknya, dapat dimulai dengan mencicipi beragam kuliner, ataupun melakukan aktivitas yang jarang atau belum sempat dilakukan, karena alasan tidak punya waktu.

Berikut adalah Beberapa tipe liburan yang mungkin bisa menginspirasi anda untuk dilakukan:

1. Liburan Keluarga

Liburan keluarga dapat membuat hubungan antar anggota keluarga semakin harmonis secara emosional, maupun fisikly.

Waktu ini dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan kehidupan masing-masing anggota keluarga, atau hanya bersantai di lingkungan yang berbeda sambil menciptakan memori kebersamaan.

2. Liburan Petualangan

Liburan petualangan biasanya dilakukan oleh mereka yang mencari pengalaman penuh adrenalin jauh dari kehidupan sehari-hari mereka, seperti arung jeram, menyelam, bersepeda gunung, berkuda, berselancar dan lain-lain.

3. Menjelajah Kota

Liburan kota adalah kunjungan singkat ke sebuah kota yang ingin Anda jelajahi dan nikmati. Liburan ini biasanya populer di kalangan milenial dan pasangan muda yang menjelajahi dunia.

Baca juga: 5 Desa Wisata di Bali Ini Sajikan Aktivitas Anti Mainstream, Cocok untuk Ide Liburan!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat