androidvodic.com

Muncul Baliho ‘Petugas Partai Harus Nurut’, Pengamat Sebut PDIP Sedang Naikkan Daya Tawar Ganjar - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - PDI Perjuangan memberikan sanksi teguran lisan kepada Ganjar Pranowo atas pernyataan siap maju jadi calon presiden pada 24 Oktober 2022 lalu.

Namun setelah pemberian sanksi tersebut, justru muncul baliho bergambar Ganjar Pranowo di sejumlah daerah. 

Baliho tersebut memuat foto Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan pesan ‘Petugas Partai Harus Nurut.

Saya Setuju’. Salah satunya ada di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, dan Kuningan, Jakarta Selatan.

Melihat hal ini, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan kemunculan baliho Ganjar sejalan dengan manuver politiknya. 

Ia menduga PDIP sedang membuat drama politik di mana Ganjar diperankan sebagai kader tertindas dengan tujuan mendulang simpati publik.

Hal ini kata dia, jadi bagian propaganda untuk meninggikan daya tawar Ganjar sebagai kandidat calon presiden (capres) PDIP.

“Artinya, Ganjar sengaja diperankan sebagai kader yang tertindas untuk kemudian mendulang simpati. Jadi, ini satu rangkaian panjang yang memang sejak awal PDIP telah membangun nama besar Ganjar dengan berbagai opini,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Rabu (2/11/2022).

Menurut Dedi, ada banyak faktor mengapa PDIP memilih jalur emosional dalam mempromosikan Ganjar. Diantaranya, soal kepemimpinan Ganjar di Jawa Tengah, hingga tokoh pilihan Jokowi.

“Hematnya, PDIP dan Ganjar, sama-sama sedang membangun narasi untuk menyiapkan Ganjar di Pilpres 2024. Hanya saja cara yang dipakai sama persis dengan apa yang dilakukan pada Jokowi, memgambil sisi remeh, soal personal, ketertindasan yang direkayasa,” terang dia.

Baca juga: Ganjar Pranowo Foto di Bawah Baliho Puan Maharani, Ini Reaksi Petingggi PDIP

Sebagai informasi, sejumlah spanduk, baliho hingga billboard bernuansa dukungan kepada Ganjar Pranowo marak bertebaran di sejumlah daerah. 

Misalnya di Mamuju Sulawesi Barat terdapat spanduk-spanduk yang menampilkan foto Ganjar dengan kuotasi ‘Ganjar Presidenku’. Bagitu juga sejumlah spanduk atau baliho bertemakan dukungan ‘nyapres’ pada Ganjar di kawasan Bekasi, Bandung, Solo hingga Surabaya.

Sementara di Yogyakarta, usai diberi sanksi lisan oleh PDIP, aksi dukungan dilakukan oleh ratusan orang dengan menggelar doa dan pemotongan tumpeng sambil membentangkan spanduk bertuliskan ‘Satu Doa untuk Mas Ganjar dan Indonesia’ di kawasan Tugu Jogja pada 28 Oktober 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat